Polemik Piala Dunia U-20, PDIP Minta Masyarakat Tak Saling Menyalahkan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 30 Maret 2023 | 19:43 WIB
Hasto Kristiyanto/SinPo.id
Hasto Kristiyanto/SinPo.id

SinPo.id -  PDI Perjuangan (PDIP) meminta masyarakat tidak saling menyalahkan atas keputusan FIFA membatalkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah harus menjadi pembelajaran bersama.

"Kita tidak boleh saling menyalahkan. Di satu sisi kita sebagai bangsa memang punya niat yang kuat di dalam membangun tim sepak bola yang andal," kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto saat menggelar konferensi pers di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis, 30 Maret 2023.

Hasto juga meminta agar tidak ada pihak yang menakut-nakuti masyarakat dengan sanksi FIFA mencoret Indonesia dari keanggotaan. Dia menegaskan Indonesia sejak awal kemerdekaan lahir sebagai bangsa dengan prinsip yang kokoh.

Politikus asal Yogyakarta itu menyatakan Indonesia merupakan bangsa yang berdiri di atas perjuangan untuk membela kemerdekaan. Karena itu, kata dia, Indonesia memiliki kewajiban untuk memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan.

"Kami menyadari betapa beratnya buat timnas kita yang telah berlatih. Tetapi tidak akan ada pemain yang hebat tanpa gemblengan lahir batin," kata dia.

Hasto meyakini keputusan FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 menjadi pembelajaran berharga. Terpenting, bisa menggembleng tim nasional Tanah Air.

"Ini akan menyatukan spirit kita, tentang mimpi anak bangsa yang tidak akan pernah luntur karena kita tidak menjadi tuan rumah dari U-20 tersebut," kata Hasto.sinpo

Komentar: