RAMADAN 1444 H

Usai Dilantik, PM Skotlandia Bagikan Momen Salat Berjamaah Bersama Keluarga

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 29 Maret 2023 | 22:17 WIB
PM Skotlandia Humza Yousaf saat membagikan momen salat berjamaah bersama keluarga (SinPo.id/ Twitter)
PM Skotlandia Humza Yousaf saat membagikan momen salat berjamaah bersama keluarga (SinPo.id/ Twitter)

SinPo.id - Perdana Menteri Skotlandia yang baru terpilih Humza Yousaf membagikan foto saat memimpin keluarganya salat pada malam pertama setelah dia terpilih di kediaman resmi, Bute House. Kata dia, salat di bulan Ramadan bersama keluarga merupakan momen spesial.

"Momen spesial memimpin keluarga saya salat di Rumah Bute seperti kebiasaan setelah buka puasa bersama," kata Yousaf di Twitter, seperti dikutip dari Anadolu, Rabu, 29 Maret 2023.

Parlemen Skotlandia memilih Yousaf, pemimpin Partai Nasional Skotlandia (SNP), sebagai perdana menteri yang baru pada Selasa, 28 Maret 2023. Pria berusia 37 tahun itu menerima dukungan mayoritas dengan 71 suara. Yousaf menjadi Muslim pertama yang memimpin partai besar di Inggris dan merupakan pemimpin etnis minoritas pertama dari pemerintahan devolusi di Inggris.

Pemimpin Partai Konservatif Skotlandia Douglas Ross berada di urutan kedua dalam perebutan kursi tersebut, dia meraih 31 suara. Sebelum pemungutan suara di parlemen, Yousaf bersaing dengan kandidat lainnya dalam partai, mengalahkan saingannya Kate Forbes dalam persaingan ketat dengan Ash Regan di urutan ketiga.

Setelah putaran kedua, saat Regan tersingkir, Yousaf memenangkan 52,1 persen suara, sedangkan Forbes 47,9 persen pada Senin. Yousaf, yang bergabung dengan SNP pada 2005, juga merupakan sekretaris Kabinet Muslim pertama dan Asia Selatan pertama yang bertugas di pemerintahan Skotlandia.

Pada Mei 2011, Yousaf terpilih menjadi anggota parlemen Skotlandia sebagai anggota tambahan untuk wilayah Glasgow pada usia 26 tahun, menjadi orang termuda yang terpilih menjadi anggota parlemen Skotlandia.sinpo

Komentar: