Antisipasi Terorisme, BNPT Lakukan Asesmen Fasilitas Piala Dunia U20

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 29 Maret 2023 | 08:56 WIB
Ilustrasi/Sinpo.id/pixabay
Ilustrasi/Sinpo.id/pixabay

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggandeng Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk melakukan assesment atau monitoring sejumlah fasilitas yang akan digunakan dalam gelaran Piala Dunia U-20 di Ibu Kota.

Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen TNI Nisan Setiadi mengatakan, monitoring tersebut sebagai langkah antisipasi terjadinya tindakan terorisme selama even internasional itu berlangsung.

"Saya dengan pak PJ (Heru Budi) membahas terkait asesmen dari peraturan kepala BNPT nomor 3 tahun 2020 terkait dengan objek vital dan fasilitas publik yang ada di DKI terkait dengan ancaman terorisme," kata Setiadi dalam keterangannya, dikutip Rabu 29 Maret 2023.

Setiadi memaparkan, sejumlah fasilitas yang dilakukan monitoring tersebut diantaranya stadion hingga hotel penginapan untuk FIFA dan negara-negara yang bertanding, serta fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.

"Termasuk ini dalam waktu dekat kan untuk event FIFA U20 kita minggu ini akan meng-asesmen stadion GBK yang akan dipake piala dunia, termasuk beberapa hotel yang akan ditempati mereka," ungkapnya. 

Nantinya, lanjut Setiadi, BNPT bersama pihak terkait akan melakukan penilaian dan memastikan tempat dan fasilitas tersebut memenuhi standar minimal dalam perhelatan Piala Dunia U-20.

"Jadi mulai dari depan. Sarana dan prasarananya, CCTV dan lain sebagainya. Ada beberapa yang perlu diadakanlah untuk memenuhi persyaratan itu supaya jangan ada orang-orang yang bisa membuat situasi menjadi tidak aman," tandasnya.

Sebagai informasi, Piala Dunia U-20 2023 dijadwalkan berlangsung di enam kota di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.



sinpo

Komentar: