Israel Ditolak Main Piala Dunia U-20

Jokowi Jamin Partisipasi Israel di Piala Dunia U-20 Tak Pengaruhi Dukungan RI Ke Palestina

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 28 Maret 2023 | 20:40 WIB
Presiden Jokowi (SinPo.id/tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi (SinPo.id/tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan partisipasi Tim Nasional (Timnas) Israel di Piala Dunia U-20 tidak berkaitan dengan sikap politik luar negeri Indonesia yang mendukung kemerdekaan Palestina.

"Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina. Karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa 28 Maret 2023.

Jokowi sependapat dengan Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun untuk tidak mencampuradukan urusan olahraga dengan politik.

"Dalam urusan Piala Dunia U-20 ini kita sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya. Jadi jangan mencampur adukan urusan olahraga dan politik," ujarnya.

Jokowi mengungkapkan, FIFA sudah mengetahui adanya penolakan-penolakan terhadap keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20. Namun, baik pemerintah maupun PSSI masih terus berusaha agar ada solusi terbaik.

"Untuk itu saya telah mengutus Ketum PSSI Erick Thohir untuk bertemu dengan tim FIFA untuk mencari penyelesaian yang terbaik, mencari solusi yang terbaik," tandasnya.sinpo

Komentar: