Jalan Tol Samarinda-Bontang

Irwan Fecho: Pembangunan Tol Samarinda-Bontang Jangan Stagnan Gara-gara IKN

Laporan: Martahan Sohuturon
Selasa, 28 Maret 2023 | 21:56 WIB
Anggota Komisi V DPR RI Irwan (SinPo.id/Dok. Pribadi)
Anggota Komisi V DPR RI Irwan (SinPo.id/Dok. Pribadi)

SinPo.id - Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho meminta pemerintah melanjutkan pembangunan Tol Samarinda-Bontang di Kalimantan Timur (Kaltim) sesuai perencanaan yang dibuat. Ia memandang, pemerintah mampu membangun jalan Tol Balikpapan-Sepaku dalam waktu singkat, karena ada Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dia mengatakan, pembangunan Tol Samarinda-Bontang diperlukan oleh masyarakat karena jalan nasional di Kaltim hanya satu poros yang kerap terjadi kemacetan ketika ada jembatan putus.

"Oke Tol Balikpapan-Samarinda selesai, tetapi Tol samarinda-Bontang jangan kemudian mengalami stagnasi karena ada IKN, ini suatu yang berbeda," kata Irwan saat RDPU dengan BPJT di Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa, 28 Maret 2023.

Ketua DPD Demokrat Kaltim itu bahkan mengingatkan dana IKN jangan sampai mengganggu rencana-rencana jangka panjang yang telah dibuat Kementerian PUPR, termasuk BPJT untuk membangun jalan di Kaltim.

"Kami butuh jalan Tol Samarinda-Bontang itu terlaksana sesuai rencana, dan ini sudah molor pasti ada tekanan, karena ini kan, tol prakarsa pemerintah," ujar Irwan.

Menurut Irwan, setelah melihat kajian yang ada, Tol Samarinda-Bontang seharusnya bisa masuk tahap pembebasan lahan dan pelaksanaan fisik.

"Bagi kami, semangatnya bagaimana menghadirkan infrastruktur jalan umum maupun jalan tol sesuai dengan apa yang menjadi pikiran dan perencanaan teman-teman PUPR dan BPJT," ucap Irwan.

Lebih lanjut, ia mengusulkan pembentukan panitia kerja atau Panja Jalan Tol untuk mengurai persoalan di lapangan.

Menurut Irwan, pembangunan jalan tol belakangan tampak kacau karena dominasi investor yang juga sebagai kontraktor.

Selain itu, Panja juga akan mengawal program dan perencanaan jalan tol yang telah dibuat BPJT bisa terlaksana.

"Sehingga mewakili Poksi Demokrat, kami mengusulkan panja terkait jalan tol ini," ucap Irwan.sinpo

Komentar: