Elektabilitas Prabowo Naik Efek Jokowi, Pengamat: Ini adalah Kekuatan

Laporan: Bayu Primanda
Selasa, 28 Maret 2023 | 13:07 WIB
Prabowo Subianto/Tim Media
Prabowo Subianto/Tim Media

SinPo.id -  Elektabilitas Prabowo dalam Survei Indikator Politik Indonesia (IPI) melejit. Endorsement Jokowi terhadap Prabowo nampak berbuah manis dengan menduduki posisi teratas.

Pengamat Politik Ujang Komarudin melihat dua faktor penyebab elektabilitas Prabowo naik dalam beberapa waktu belakangan ini.

Menurutnya, kenaikan elektabilitas Prabowo lantaran dua faktor diantaranya faktor pergerakan Prabowo dan faktor endorsement Jokowi.

“Pertama, kenaikan elektabilitas Prabowo karena sudah rajin jalan dengan Jokowi bertemu dengan tokoh-tokoh dan masyarakat. Artinya, sudah bergerak dan sudah memanaskan mesin Gerindra.” kata Ujang, Selasa, 28 Maret 2023.

Selain itu, Ujang juga melihat dengan seringnya Prabowo yang diajak Jokowi untuk mendampingi kunjungan kerja ke berbagai daerah menjadi faktor kedua kenaikan elektabilitas Prabowo yang secara tidak langsung di endorse oleh Presiden RI Jokowi.

“Elektabilitas Prabowo tuh naik karena endorse Jokowi, bukan hanya sekedar endorse ya, tapi Prabowo diajak langsung kesana kemari sama Jokowi. Paling tidak, ini yang buat Prabowo elektabilitasnya naik. Dan ini menjadi kekuatan Prabowo bisa riding lawan politik yang lain.” tambah Ujang.sinpo

Komentar: