MUDIK LEBARAN 2023

DPR Minta Kemenhub Antisipasi Lonjakan Pemudik saat Lebaran

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 26 Maret 2023 | 13:48 WIB
Anggota Komisi V DPR RI, Toriq Hidayat (SinPo.id/ Parlementaria)
Anggota Komisi V DPR RI, Toriq Hidayat (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diminta untuk mengantisipasi lonjakan pemudik pada Lebaran 2023. Salah satu caranya dengan membuat sejumlah persiapan agar potensi mobilisasi 123,8 juta orang yang diperkirakan mudik tahun ini dapat berjalan lancar dan terkendali.

Menurut anggota Komisi V DPR RI, Toriq Hidayat, sejumlah titik khusus, seperti jalur tol dari Jakarta ke arah Cikampek dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Barat, harus bisa diatasi. Salah satunya dengan membuat rekayasa lalu lintas yang tepat agar tidak ada kepadatan di jalan.

Pasalnya, pada hari biasa saja mulai KM 40-an arah Cikampek sudah terjadi perlambatan hingga KM 56. Sehingga perlu antisipasi yang cermat akan timbulnya kemacetan yang panjang, apabila terjadi lonjakan pemudik sebagaimana survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub.

“Saya minta segala penyebab perlambatan dan atau kemacetan di jalan tol segera diidentifikasi. Tak hanya tol Cikampek, seluruhnya. Lekas carikan solusi, jika karena kerusakan, segera diperbaiki dan selesai sebelum mudik,” kata Toriq, melalui pernyataan tertulisnya, Minggu 26 Maret 2023.

Seperti diketahui, jadwal cuti bersama Lebaran 2023 telah disepakati akan berlangsung sepanjang tujuh hari, dari tanggal 19 hingga 25 April 2023, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Jadwal tersebut diubah dari Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi.sinpo

Komentar: