Pemilu 2024

Andreas Pareira: Posisi PDIP Terbuka Berkoalisi untuk Pilpres 2024

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 25 Maret 2023 | 16:39 WIB
Politikus PDIP Andreas Hugo Pareira/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika
Politikus PDIP Andreas Hugo Pareira/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika

SinPo.id - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pareira mengamini partainya terbuka bergabung dengan koalisi yang sudah terbentuk sekarang. Partai politik (parpol) yang sudah membentuk koalisi dipersilakan membuka dialog dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Posisi PDI Perjuangan, tentu kami terbuka. Silakan kalau memang ada keinginan untuk pembicaraan-pembicaraan, bicara langsung dengan Ketua Umum (PDIP Megawati Soekarnoputri)," kata Andreas kepada SinPo.id pada Sabtu, 25 Maret 2023.

Menurut dia, ada beberapa hal yang dipertimbangkan PDIP dalam memilih koalisi, salah satunya ihwal sosok yang hendak diusung untuk Pilpres 2024.

"PDIP akan mempertimbangkan kesamaan warna dan ideologi partai," kata dia.

Sejauh ini sudah ada tiga koalisi yang dibentuk partai politik (parpol) di Parlemen. Pertama, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang digawangi Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Selanjutnya, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN). Terakhir, ada Koalisi Perubahan yang berisi Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Dari ketiga koalisi itu, baru Koalisi Perubahan yang sudah mendeklarasikan calon presiden (capres), yakni Anies Baswedan. Sedangkan dua koalisi lainnya masih menggodok sosok yang bakal diusung pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Di sisi lain, PDIP belum menentukan sikap untuk Pilpres 2024. Namun, politikus PDIP Masinton Pasaribu menegaskan kalau partainya menutup rapat-rapat untuk bergabung ke Koalisi Perubahan. Sikap ini ditegaskan Masinton karena Koalisi Perubahan tak senapas dengan PDIP.

Masinton justru mengamini jika PDIP membuka ruang dialog untuk merapat ke dua koalisi lainnya, yakni KKIR dan KIB. Menurut dia, kedua koalisi ini memiliki kesamaan visi dan misi. 

"Kita bukan orang dulu baru kemudian ngumpul-ngumpulin syarat tadi, baru kemudian koalisi, kita menjajakin kerja samanya dulu, artinya kita bisa dengan teman-teman di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, ya bisa dengan teman-teman Koalisi Indonesia Bersatu tapi kalau dengan Koalisi Perubahan kayaknya mohon maaf bang," kata Masinton dalam diskusi Koordinatoriat Wartawan Parlemen bertajuk 'Safari Elite Politik dan Pesan Damai Pemilu 2024' di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 16 Februari 2023.sinpo

Komentar: