LARANGAN BUKBER ASN

Legislator PPP Sebut Larangan Bukber agar Pejabat Tak Hamburkan Uang

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 25 Maret 2023 | 09:13 WIB
Legislator PPP Nurhayati Effendi (SinPo.id/ Instagram)
Legislator PPP Nurhayati Effendi (SinPo.id/ Instagram)

SinPo.id - Larangan agar para pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) tidak menggelar buka puasa bersama (bukber) disambut baik. Kebijakan ini dinilai langkah bijak agar pemerintah tidak menghambur-hamburkan uang.

"Sepertinya Pak Jokowi lebih ke ASN jangan menghamburkan uang atau bermewah-mewahan apalagi (bukber) diadakannya di hotel atau gedung sewa," kata anggota Komisi IX DPR Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Nurhayati Effendi kepada wartawan, Jakarta, Sabtu, 24 Maret 2023.

Menurut Nurhayati, penyelenggaraan bukber memerlukan dana yang tak sedikit. Baik untuk catering, tenda, interior, dan lain-lainnya. 

"Banyak biaya tak terduga. Apabila hanya bukber dengan keluarga dan kerabat dekat di rumah dan sederhana tidak masalah saya rasa," ujarnya. 

Nurhayati mengingatkan tujuan berpuasa untuk meningkatkan ketakwaaan kepada Allah SWT.  Selain itu, berpuasa mengajarkan umat untuk merasakan penderitaan orang-orang yang tidak mampu.

"Mereka merasakan lapar setiap hari tanpa tahu kapan bisa makan layak kalau dengan bukber dan bermewah-mewah ASN dengan makanan yang berlebihan itu bukan tujuan dari berpuasa. Maka agar puasa kita tidak rusak dari makna nya maka bagus juga pak Jokowi," tegas dia.sinpo

Komentar: