BULAN RAMADAN 1444 H

Bapanas: Harga Bahan Pokok Naik saat Ramadan

Laporan: Sinpo
Sabtu, 25 Maret 2023 | 06:02 WIB
Ilustrasi Pasar (Pixabay)
Ilustrasi Pasar (Pixabay)

SinPo.id -  Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo mengatakan terjadi kenaikan harga bahan pokok karena adanya panen yang tidak merata di setiap daerah sehingga mempengaruhi supply. Untuk itu, Bapanas melakukan tata kelola supply untuk bisa menekan dampak kenaikan harga bahan pokok saat momen Ramadan dan Idul Fitri 1444 H.

"Ada tantangan panen tidak merata di setiap daerah. Namun kami melakukan tata kelola dengan distribusi dari area yang surplus ke daerah defisit," ujar Arief pada Jumat 24 Maret 2023.

Untuk itu, kata dia, penting adanya cadangan pangan pemerintah (CPP) yang berfungsi sebagai bantalan jika terjadi kelangkaaan bahan pangan. CPP juga menjadi prioritas sehingga mempersiapkan stok lebih awal.
Cadangan pangan yang dimaksud Arief adalah dalam rentang waktu tiga bulan pemerintah mestinya sudah mengetahui kebutuhan pangan nasional dan data yang akurat terkait prediksi panen.

Selain soal stok, harga pangan juga perlu dijaga stabilitasnya kata Arief. Misalkan, dalam rentang waktu tiga bulan stabilitas harga pangan perlu dijaga dengan fluktuasi perubahan harga 0,5 sampai 1 persen.

"Sekarang BUMN lagi mempercepat ekosistem ini. Tapi ini kan perlu uang kan. Koordinasi sama Kementerian Keuangan ini butuh proses. Himbara juga perlu memberikan kucuran dana dengan jaminan dari Kementerian Keuangan," tambahnya.

 sinpo

Komentar: