KONFLIK RUSIA UKRAINA

Bahas Soal Kesepatan Gandum, Erdogan Bakal Telepon Putin

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Kamis, 23 Maret 2023 | 21:52 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (SinPo.id/ Reuters)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (SinPo.id/ Reuters)

SinPo.id - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa dalam beberapa hari mendatang akan berbicara melalui telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Tujuan pembicaraan itu guna membahas kesepakatan Inisiatif Gandum di Laut Hitam.

"Kami akan melakukan percakapan via telepon dengan Putin dalam dua hingga tiga hari ke depan," kata Erdogan dalam wawancara yang disiarkan langsung di saluran NTV dan Star TV, dikutip dari Anadolu, Kamis, 23 Maret 2023.

Dia mengatakan dunia menghargai upaya mediasi Turki untuk Rusia dan Ukraina. "Kami sudah diakui di dunia. Kesuksesan Turkiye ada di bibir semua orang di dunia," imbuhnya.

Pada Juli lalu, Turkiye, PBB, Rusia, dan Ukraina menandatangani kesepakatan di Istanbul untuk melanjutkan ekspor biji-bijian dari tiga pelabuhan Ukraina di Laut Hitam yang dihentikan sementara setelah perang Rusia-Ukraina dimulai pada Februari 2022.

Erdogan mengumumkan perpanjangan kesepakatan pada Sabtu, sehari sebelum dijadwalkan untuk berakhir. Dia juga mengingat tawaran Putin untuk mengirim biji-bijian ke negara-negara miskin di Afrika secara gratis.

Erdogan menambahkan bahwa Turki sedang bersiap untuk membeli gandum untuk diubah menjadi tepung dan mengirimkannya ke negara-negara miskin. Ankara juga bertekad untuk mengirimkan pupuk Rusia ke negara-negara kurang berkembang.

"Ada kebutuhan pupuk. Kami akan suplai. Kami akan kirimkan (pupuk) ke pasar dunia dan negara-negara terbelakang dan berusaha meringankan [beban] mereka," ujar Erdogan.

Erdogan menegaskan, Turki tidak akan menjadi pihak dalam perang apa pun dan akan selalu berada di pihak perdamaian. "Faktanya, ini adalah langkah yang kami ambil dalam perang Rusia-Ukraina," tegasnya.sinpo

Komentar: