Agar Kuat Puasa Seharian, Konsumsi Asupan Ini Saat Sahur

Laporan: Zikri Maulana
Kamis, 23 Maret 2023 | 12:17 WIB
Ilustrasi/Getty Images
Ilustrasi/Getty Images

SinPo.id - Ramadan telah tiba, umat muslim di seluruh dunia saat ini tengah menjalankan ibadah puasa di hari pertama di bulan Suci Ramadan ini. 

Dalam menjalankan ibadah puasa, mengkonsumsi makanan bergizi tentu sangatlah penting, hal ini agar asupan tubuh terpenuhi sehingga tubuh tetap bugas saat menjalankan ibadah puasa. 

Agar kuat menjalani puasa seharian dan tetap bugar, kebutuhan nutrisi dan energi yang tubuh butuhkan harus diberikan ketika makan sahur. 

Pasalnya, makanan sahur menjadi sumber energi utama yang memberikan nutrisi penting agar tubuh berfungsi optimal. Ketika tidak sahur, seseorang akan mudah lapar dan lemas saat berpuasa. 

Namun pastikanlah mengkonsumsi makanan sehat saat sahur agar tubuh kuat selama berpuasa. 

Melansir Halodoc, berikut ini beberapa asupan yang dapat kamu konsumsi saat sahur, agar kuat puasa seharian: 

Karbohidrat kompleks

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Tanpa karbohidrat, kamu akan merasa tidak bertenaga untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Saat sahur, pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks karena lebih lama dicerna tubuh, sehingga memberi rasa kenyang lebih lama. Asupan ini bisa kamu peroleh dari nasi merah, roti gandum, dan oatmeal. 

Protein

Tubuh yang normal membutuhkan 10–35 persen kalori harian dalam bentuk protein. Protein berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh serta membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh.

Saat sahur, kamu bisa memenuhi kebutuhan asupan ini dari daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur, susu, yogurt, keju, tempe, tahu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Sayur dan buah

Sayur dan buah mengandung vitamin, mineral, dan serat yang baik bagi metabolisme dan saluran cerna tubuh. Serat sangat bermanfaat bagi orang yang berpuasa karena bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Kamu bisa mengonsumsi buah seperti kurma, pisang, pepaya, mangga, apel, pir, dan alpukat saat sahur. Sedangkan, sayur yang cocok untuk menu sahur antara lain sayur bening bayam, sup ayam jahe, dan capcay kuah.

Air putih

Air putih berguna untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehingga kamu terhindar dari risiko dehidrasi selama berpuasa. Aturan minum air putih saat puasa terkenal dengan pola 2-4-2, yakni dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur. 

Selain air putih, kamu juga bisa mengonsumsi minuman elektrolit. Kandungan ion dalam minuman elektrolit membantu mengikat cairan sehingga bertahan lebih lama dalam tubuh. 
sinpo

Komentar: