Sambut Ramadan, Berikut 7 Pasar di Indonesia yang Cocok untuk Berburu Takjil

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 23 Maret 2023 | 12:40 WIB
Bubur ketan item/Getty Images
Bubur ketan item/Getty Images

SinPo.id - Bukan hal yang aneh lagi kalau setiap bulan suci Ramadan, banyak daerah di Indonesia yang menggelar pasar dadakan untuk menyajikan berbagai macam takjil khas Nusantara yang selalu diburu masyarakat.

Apalagi, ngabuburit sambil mencari takjil sudah menjadi agenda wajib bagi sejumlah masyarakat di setiap daerah yang ingin berbuka puasa dengan makanan khas yang hanya ada saat bulan Ramadan tiba.

Maka dari itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencatat tujuh pasar Ramadan di berbagai daerah di Indonesia yang selalu ramai dikunjungi.

1. Pasar Benhil Jakarta

Bagi masyarakat Jakarta pasti sudah tidak asing lagi dengan Pasar Benhil yang berada di Tanah Abang, Jakarta Pusat ini. Terlebih Pasar Benhil selalu menjadi pasar dadakan yang menyajikan aneka takjil saat Ramadan.

Ada beragam takjil yang bisa dibeli sebagai menu berbuka. Mulai dari siomay, ikan bakar, es campur, hingga aneka gorengan. Bahkan kita juga bisa menemukan makanan khas Betawi di Pasar Ramadan Benhil, yakni soto betawi.

Karena lokasinya yang cukup strategis, dan berada di dekat perkantoran, pasar Ramadan ini selalu ramai ketika waktu ngabuburit.

2. Pasar Pusdai Bandung

Pasar Pusdai (Pusat Dakwah Islam) yang berada di pusat Kota Bandung ini merupakan pasar dadakan yang hanya buka saat Ramadan dan hari Jumat saja. Sangat cocok dikunjungi untuk berburu berbagai takjil khas Bandung

Jajanan khas Bandung yang biada ditemukan di pasar Ramadan ini, antara lain seperti cimol, batagor, es doger, es oyen, hingga cireng.

3. Kampung Ramadan Jogokariyan

Masjid Jogokariyan merupakan salah satu masjid yang selalu ramai dikunjungi warga Yogyakarta saat Ramadan tiba. Karena selain untuk beribadah, area masjid juga selalu digunakan untuk menggelar Kampung Ramadan yang menyediakan berbagai takjil.

Di Kampung Ramadan Jogokariyan ini, terdapat beragam takjil khas Yogyakarta yang ditawarkan. Mulai dari kolak, kipo, jenang mutiara, tiwul, hingga gatot. Jajanan manis yang cocok banget dijadikan menu berbuka puasa.

4. Kampung Ramadan Sawojajar Malang

Kampung Ramadan yang berlokasi di jalan Danau Bratan, Sawojajar, Malang, ini juga selalu ramai dikunjungi masyarakat yang ingin ngabuburit sambil mencari takjil untuk berbuka puasa.

Adapun berbagai jajanan khas Malang yang bisa ditemukan di Pasar Sawojajar ini, yakni nagasari, klepon, cenil, hingga jemblem (camilan kuno yang terbuat dari singkong dan kelapa parut yang berisi gula jawa).

5. Pasar Wadai Banjarmasin

Berbeda dengan pasar Ramadan lainnya, pasar Wadai Banjarmasin ini dikelola oleh pemerintah daerah, dan lokasinya selalu berpindah-pindah setiap tahunnya. Namun selalu ramai di waktu ngabuburit.

Pada Ramadan 2023, pemerintah daerah Banjarmasin menetapkan Siring Sungai Martapura sebagai tempat pelaksanaan Pasar Wadai, bagi masyarakat yang ingin berburu takjil khas Kalimantan Selatan.

Aneka kuliner yang dapat ditemukan di pasar ini, mulai dari bingka kentang, amparan tatak pisang, papari, ipau, hingga laksa yang selalu menjadi incaran para pemburu takjil.

6. Pasar Pabukoan Padang

Pasar Pabukoan sendiri merupakan sebutan untuk pasar-pasar Ramadan yang tersebar di beberapa daerah di Padang. Namun yang paling populer adalah Pasar Banda Buek, yang ada di Jalan Raya Indarung. 

Ada beragam takjil khas Padang yang bisa ditemukan di pasar ini. Mulai dari kue bongko (kue yang hanya bisa ditemukan saat bulan Ramadan), lemang tapai, lopis sarabi, bubur kampiun, hingga rendang.

7. Pasar Ramadan Aceh

Pasar Ramadan Aceh ini selalu digelar dekat dengan area Masjid Raya Baiturrahman setiap tahunnya. Tepatnya sekitar 250 meter di kiri masjid. 

Ada beragama takjil khas Aceh yang bisa ditemukan di pasar Ramadan ini. Mulai dari makanan manis: kue bhoi dan timpan, hingga makanan pedas khas Aceh: mi caluk.

Yuk ngabuburit sambil berburu takjil khas daerah untuk menu berbuka puasa!
sinpo

Komentar: