PILPRES 2024

Aura Jokowi Pindah ke Prabowo, Pengamat: Keduanya Memang Punya Kedekatan Personal

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Selasa, 21 Maret 2023 | 18:30 WIB
Kedekatan Jokowi dengan Prabowo (SinPo.id/ Tim Media)
Kedekatan Jokowi dengan Prabowo (SinPo.id/ Tim Media)

SinPo.id - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan menyebut jika sebagian aura kepemimpinan Joko Widodo telah pindah ke Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Hal itu makin terlihat seiring seringnya Jokowi mengajak Prabowo di berbagai kesempatan.

Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro mengatakan, apa yang disampaikan Kepala BIN bukanlah hal yang berlebihan. Terlebih memang kedekatan Jokowi ke Prabowo makin terlihat akhir-akhir ini.

"Kedua tokoh nasional ini juga dilihat publik sangat memiliki kedekatan, baik secara personal maupun politik," ucap Bawono dalam keterangannya, Selasa, 21 Maret 2023.

Sebelum ke Papua, sambung Bawono, Jokowi juga kerap mengajak Prabowo dalam berbagai kesempatan. Contoh paling dekat yakni saat kunjungan kerja Jokowi ke Tabalong, Kalimantan Selatan.

"Sulit dipungkiri kedekatan dalam berbagai kesempatan kunjungan ke daerah antara Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto menunjukkan kecenderungan dari sikap Presiden. Dalam hal dukungan di pemilihan Presiden 2024," jelasnya.

Bawono kembali mengingatkan, adalah hal yang rasional jika Jokowi akhirnya menjatuhkan dukungan ke Prabowo pada Pilpres 2024. Terlebih kapasitas Prabowo saat menjalankan tugas sebagai Menteri Pertahanan sangat baik.

"Apabila kapasitas kepemimpinan itu kemudian ditingkatkan lebih tinggi dalam jabatan kepresidenan, maka boleh jadi akan membuat Indonesia jauh lebih baik di masa depan," kata dia.

"Meskipun pernah menjadi rival pada dua pemilihan presiden terdahulu, tapi Prabowo telah membuktikan kinerja dan dedikasi tinggi serta leadership, selama menjadi menteri pertahanan di dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo - Maruf Amin," sambungnya.

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mendampingi Presiden RI Joko Widodo kunjungan kerja ke Papua untuk meresmikan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) dan peluncuran produk-produk kreatifitas di Abepura, Kota Jayapura, Selasa, 21 Maret 2023.

Kali ini, Prabowo mendampingi Presiden Jokowi tidak sendiri, melainkan juga turut serta Kepala BIN Budi Gunawan, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM), Kepala Staf Kepresidenan, PLH Gubernur Papua dan Perwakilan Papua Youth Creative Hub Founder.

Menariknya, Kepala BIN, Budi Gunawan dalam kata sambutannya menyatakan bahwa Prabowo nampak lebih sering mendampingi Jokowi kunjungan kerja dalam kurun waktu belakangan ini.

Sehingga, Budi Gunawan menyatakan bahwa sebagian aura Presiden sudah mulai berpindah ke Prabowo.

“Kita semua mengamati akhir-akhir ini Pak Prabowo sering bepergian bersama Pak Jokowi, beberapa kali juga Pak Prabowo mengatakan bahwa Pak Jokowi adalah gurunya, guru beliau.” ujar Kepala BIN Budi Gunawan

Tak hanya itu, Budi Gunawan juga turut mendoakan kesehatan dan kesuksesan Prabowo dalam kontestasi Pemilu 2024 mendatang.

“Seluruhnya mulai melihat aura Pak Jokowi sebagian sudah pindah ke Pak Prabowo. Kita semua mendoakan untuk Pak Prabowo semoga sehat, lancar dan sukses dalam kontestasi pemilu 2024," ujar Budi Gunawan dan disambut dengan tepuk tangan.
 sinpo

Komentar: