RUU Kesehatan

NasDem Sambut Baik Pimpinan DPR Tunjuk Komisi IX Jadi Leading Sector RUU Kesehatan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 22 Maret 2023 | 00:52 WIB
Anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani Chaniago/ Parlementaria
Anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani Chaniago/ Parlementaria

SinPo.id - Anggota Komisi IX DPR Irma Suryani Chaniago menyambut baik langkah pimpinan Parlemen yang menugaskan komisinya sebagai peading sektor kesehatan untuk membahas RUU Kesehatan.

Penugasan ini tertuang dalam surat Pimpin DPR dengan nomor T/160/PW01/02/2023 tertanggal 14 Februari 2023. Surat itu ditandatangani Wakil Ketua DPR Dasco.

"Di komisi inilah seharusnya RUU Kesehatan dibahas, bukan di Badan Legislasi (Baleg),” kata Irma kepada wartawan, Jakarta, Selasa, 21 Maret 2023.

Menurut Irma, fungsi Baleg adalah melakukan sinkronisasi terhadap hasil bahasan Komisi IX DPR dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Posisi ini sudah benar, agar parlemen tidak mengulangi kembali kesalahan yang sama sebagaimana RUU Ciptaker yang justru dibahas langsung di Baleg, tidak melalui komisi terkait," kata politikus NasDem ini.

Irma memastikan Komisi IX DPR segera melaksanakan pembahasan RUU Kesehatan agar segera dirampungkan dan disampaikan ke Baleg untuk dilakukan sinkronisasi.

"Dengan adanya penugasan dari Pimpinan DPR pada Komisi IX DPR untuk membahas RUU ini, menepis adanya dugaan kongkalikong antara pemerintah dan Baleg yang berkembang sebagaimana ketika RUU Ciptaker yang langsung dibahas di Baleg, bukan di Komisi IX. Ketika itu, publik menilai parlemen main mata dengan pemerintah dengan potong kompas langsung ke Baleg," kata dia.sinpo

Komentar: