Ramadan 2023

Polda Metro Jaya: Jam Macet di Jakarta akan Berubah pada Awal Ramadan

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 21 Maret 2023 | 15:53 WIB
Ilustrasi. Polisi mengatur arus lalu lintas/SinPo.id/Twitter @TMCPoldaMetro
Ilustrasi. Polisi mengatur arus lalu lintas/SinPo.id/Twitter @TMCPoldaMetro

SinPo.id - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengatakan bahwa lalu lintas di Jakarta akan mengalami perubahan waktu kemacetan di awal bulan Ramadan. Menurutnya, waktu macet di jalan-jalan utama Jakarta yang biasanya terjadi di pukul 18.00 WIB akan bergeser menjadi pukul 16.00 WIB.

"Biasanya kan jam 18.00 sore padat. Mungkin nanti jam 16.00 sore mulai macet karena mengejar untuk berbuka puasa dirumah," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman dalam keterangannya pada Selasa, 21 Maret 2023.

Waktu macet di pagi hari, lanjutnya, juga akan mengalami perubahan. Latif bilang, hal itu terjadi karena banyak pekerja yang akan berangkat ke kantor setelah menunaikan salat subuh.

"Kalau pagi hari ada pengunduran jam kerja biasanya. Nanti kita lihat regulasi dari masing-masing instansi bagaimana," tuturnya.

Kendati demikian, Latif menyebut, perubahan waktu kemacetan di Jakarta hanya berlangsung di awal-awal Ramadan. Menurutnya, kemacetan akan kembali ke waktu normal di pertengahan hingga akhir Ramadan.

"Di awal-awal saja kemungkinan, nantinya kembali lagi," kata Latif.

Ia menambahkan, pihaknya telah menyiapkan langkah antisipasi kemacetan selama Ramadan. Menurutnya, personel kepolisian akan disiagakan di titik-titik rawan kemacetan untuk mengatur arus lalu lintas.

"Sudah kita antisipasi juga. Kami akan tempatkan personel di titik-titik rawan," ujarnya.sinpo

Komentar: