PARIWISATA INDONESIA

Kolaborasi Indonesia dan Malaysia Diharapkan Mampu Perkuat Sektor Pariwisata

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 19 Maret 2023 | 13:13 WIB
Pariwisata Indonesia (SinPo.id/ Dok. Reservasi)
Pariwisata Indonesia (SinPo.id/ Dok. Reservasi)

SinPo.id  - Kolaborasi asosiasi pariwisata Indonesia dan Malaysia, diharapkan mampu memperkuat sektor pariwisata kedua negara, untuk meningkatkan jumlah kedatangan wisatawan asal Malaysia ke Indonesia, agar target 7,4 kunjungan wisman bisa dicapai.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi upaya komunitas pariwisata nasional yang berada di bawah naungan TEPANAS (Teman Komunitas Pariwisata Nasional), ASTINDO dan ARIA yang telah menginisiasi kerja sama tersebut.

“Kolaborasi ini juga diharapkan mampu meningkatkan sektor ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya kuliner. Sebab wisatawan Malaysia yang berkunjung ke Indonesia mayoritas untuk berwisata kuliner,” kata Sandiaga, dikutip Minggu 19 Maret 2023.

Ia juga memaparkan, agenda kolaborasi antara asosiasi di Indonesia dengan Malaysia akan dimanfaatkan untuk mendukung program gerakan nasional Bangga Berwisata di Indonesia dan juga Spice Up The World.

"Salah satu solusi untuk mengakselerasi sektor pariwisata adalah memperkuat kolaborasi bersama unsur pentahelix. Karena selain dari inovasi dan adaptasi, kolaborasi semua pihak penting untuk dilakukan," paparnya.

"Dan momen ini adalah bentuk dari upaya memperkuat kolaborasi, sehingga kita bisa mencapai target-target yang lebih baik, untuk menciptakan lapangan kerja yang lebih luas,” kata Sandiaga menambahkan.

Malaysia menjadi salah satu negara penyumbang wisatawan terbanyak ke Indonesia. Kendati demikian, eksistensi di pasar Malaysia tetap perlu dijaga dan ditingkatkan untuk memberikan kontribusi terhadap devisa dan PDB Indonesia.sinpo

Komentar: