NASA Rilis Gambar Bintang Wolf-Rayet Langka Sebelum Menjadi Supernova

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 19 Maret 2023 | 12:17 WIB
Bintang Wolf-Rayet (SinPo.id/ NASA)
Bintang Wolf-Rayet (SinPo.id/ NASA)

SinPo.id - Teleskop Luar Angkasa James Webb milik NASA, merilis gambar WR 124, bintang Wolf-Rayet langka yang ada di konstelasi Sagitarius, pada jarak 15.000 tahun cahaya dari Bumi, saat berada di puncak kematiannya.

"Bintang masif berpacu melalui siklus hidup mereka, dan hanya beberapa dari mereka yang melewati fase Wolf-Rayet singkat sebelum menjadi supernova, membuat pengamatan rinci Webb tentang fase langka ini berharga bagi para astronom," tulis pejabat NASA, dilansir dari Wionews, Minggu 19 Maret 2023.

Mata inframerah teleskop James Webb berhasil menangkap gas dan debu yang terlempar ke angkasa oleh bintang panas, ketika Bintang Wolf-Rayet sedang dalam proses melepaskan lapisan luarnya, menghasilkan lingkaran cahaya gas dan debu yang khas.

"Debu merupakan bagian integral dari cara kerja alam semesta: Ia menaungi bintang-bintang yang membentuk, berkumpul bersama untuk membantu membentuk planet, dan berfungsi sebagai platform bagi molekul untuk membentuk dan menggumpal, termasuk blok bangunan kehidupan di Bumi," ungkap NASA.

“Terlepas dari banyak peran penting yang dimainkan oleh debu, masih ada lebih banyak debu di alam semesta daripada yang dapat dijelaskan oleh teori pembentukan debu para astronom saat ini,” imbuhnya.

Menurut para ilmuwan, transformasi semacam itu hanya terjadi pada beberapa bintang dan umumnya merupakan tahap terakhir sebelum mereka meledak, menjadi supernova.

“Kami belum pernah melihatnya seperti itu sebelumnya. Ini sangat mengasyikkan,” kata seorang ilmuwan Badan Antariksa Eropa, Macarena Garcia Marin.

Seperti diketahui, berdasarkan laporan dari NASA konstelasi bintang Sagitarius ini, yang secara resmi disebut WR 124, berukuran 30 kali lebih besar dari matahari dan telah menumpahkan cukup banyak materi untuk menjelaskan 10 matahari.sinpo

Komentar: