GEMPA EKUADOR

Gempa Bekekuatan 6,7 SR Melanda Ekuador dan Peru, 13 Orang Tewas

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 19 Maret 2023 | 09:48 WIB
Gempa di Ekuador dan Peru (SinPo.id/ AP)
Gempa di Ekuador dan Peru (SinPo.id/ AP)

SinPo.id - Gempa kuat mengguncang Ekuador selatan dan Peru utara, menewaskan sedikitnya 13 orang, dan menjebak sejumlah orang lainnya di bawah reruntuhan, yang dipenuhi puing-puing dan kabel listrik yang tumbang.

Menurut survei Geologi AS, gempa berkekuatan 6,7 di wilayah pesisir Guayas negara itu, berpusat di sekitar 50 mil (80 kilometer) selatan Guayaquil, yang memiliki wilayah metropolitan dengan jumlah penduduk lebih dari 3 juta orang.

Dilansir dari The Guardian, Perdana Menteri Peru, Alberto Otárola, mengatakan seorang gadis berusia empat tahun meninggal karena trauma kepala yang dideritanya saat rumahnya runtuh di wilayah Tumbes, di perbatasan dengan Ekuador.

Kepala Sekretariat Manajemen Risiko, badan tanggap darurat Ekuador, Cristian Torres, mengatakan dalam sebuah wawancara radio bahwa 11 korban di negara itu meninggal di negara bagian pesisir El Oro dan satu di negara bagian dataran tinggi Azuay.

Sedangkan korban di komunitas Andean Cuenca di Azuay adalah seorang penumpang di dalam kendaraan yang tertimpa puing-puing dari sebuah rumah.

Di provinsi pesisir El Oro, orang-orang terjebak di bawah reruntuhan. Di komunitas Machala, sebuah rumah berlantai dua runtuh sebelum orang bisa dievakuasi. Bahkan sebuah dermaga ambruk dan dinding bangunan retak, menjebak banyak orang yang belum diketahui jumlahnya.

Seorang warga Machala, Fabricio Cruz, mengatakan dia berada di apartemen lantai tiga ketika dia merasakan getaran yang kuat dan melihat televisinya jatuh ke tanah. Kemudian dia segera menuju keluar.

“Saya mendengar bagaimana tetangga saya berteriak dan ada banyak kebisingan,” kata Cruz.

Sementara itu, di Guayaquil, sekitar 170 mil barat daya ibu kota, Quito, pihak berwenang melaporkan retakan pada bangunan dan rumah, serta beberapa dinding yang runtuh. Membuat pihak berwenang memerintahkan penutupan tiga terowongan kendaraan. sinpo

Komentar: