Sangat Logis Jika Dukungan Jokowi di Pilpres 2024 Jatuh ke Prabowo, Ini Sebabnya

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 17 Maret 2023 | 16:35 WIB
Menhan Prabowo saat dampingi Presiden Jokowi di Tabalong (Setkab)
Menhan Prabowo saat dampingi Presiden Jokowi di Tabalong (Setkab)

SinPo.id - Menteri Pertahanan Prabowo kembali mencuri perhatian usai mendampingi Presiden Joko Widodo ke Tabalong, Kalimantan Selatan. Ini bukanlah kali pertama Jokowi mengajak Prabowo dalam kunjungan kerjanya.

Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro menyebut, seringnya Jokowi mengajak serta Prabowo dalam sejumlah kesempatan makin menunjukkan kecenderungan Kepala Negara soal arah dukungan di Pilpres  2024.

"Sebelum ini juga dalam berbagai kesempatan Presiden Jokowi juga kerap mempromosikan Menteri Pertahanan tersebut sebagai calon presiden potensial dalam pemilihan presiden mendatang. Seperti saat memberi pidato sambutan dalam HUT Partai Perindo November lalu," ujar Bawono dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 17 Maret 2023

Bukan tanpa alasan bila akhirnya restu Jokowi di Pilpres 2024 jatuh ke sosok Prabowo Subianto. Menurut Bawono, selama bertugas sebagai Menhan, kinerja Prabowo memang menonjol, seperti saat bertemu petinggi negara maju, dalam rangka menjajaki kerja sama modernisasi alutsista.

"Pilihan untuk memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai presiden mendatang (yang) paling pantas meneruskan program pembangunan Presiden Joko Widodo, merupakan pilihan politik rasional bagi Presiden Joko Widodo," kata Bawono.

Meski dalam dua gelaran Pilpres sebelumnya, Jokowi dan Prabowo sempat menjadi rival, namun Prabowo membuktikan loyalitasnya saat menjabat Menhan di kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Dedikasi dan kapasitas kemimpinan yang ditunjukkan Prabowo mungkin menjadi alasan logis, jika pada akhirnya Jokowi secara resmi mendukung Prabowo.

"Apabila kapasitas kepemimpinan itu kemudian ditingkatkan lebih tinggi dalam jabatan kepresidenan, maka boleh jadi akan membuat Indonesia jauh lebih baik di masa depan," tukasnya.
 sinpo

Komentar: