Ketua MKD DPR RI Soroti Gaya Hidup Mewah Pejabat: Enggak Pas

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 17 Maret 2023 | 12:51 WIB
Ketua MKD DPR RI Adang Daradjatun/SinPo.id
Ketua MKD DPR RI Adang Daradjatun/SinPo.id

SinPo.id - Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Adang Daradjatun menyebut gaya hidup mewah pejabat menjadi salah satu perhatian yang dibahas dalam seminar 'Menyongsong Kontestasi Demokrasi; Mencari Wakil Rakyat yang Bervisi, Bernurani, dan Berparadigma Etis'.

Menurut Adang, meski tidak dibahas secara teknis, namun gaya hidup 'hedon' yang dilakukan pejabat dianggap kurang etis ditengah kondisi masyarakat yang sedang sulit.

"Apapun juga hidup hedonis, hidup situasi yang seperti itu dalam kondisi masyarakat yang masih cukup memerlukan perhatian, saya rasa enggak pas," kata Adang di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat 17 Maret 2023.

Adang menilai, para pejabatsebagai seorang pemimpin seharusnya selalu ada bersama rakyat. Kebersamaan itu, lanjut Adang, bisa diwujudkan dalam bentuk berperilaku.

"Jadi kalo ditanya seperti itu saya tidak masuk di dalam konteks teknisnya tapi dari filosofi yang disampaikan Romo (Franz) saja sudah terasa apa yang diharapkan oleh rakyat," ujar Adang.

"Yang beliau harapkan tidak hanya bagian dari kata-kata tapi aplikasinya harus betul-betul dilakukan oleh terutama para pejabat pemerintah yang ada saat ini," tambahnya.

Sebagai informasi, seminar tersebut dihadiri oleh Ahli Filsafat Franz Magnus-Suseno; Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja; Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Prof. J. Kristiadi; Politisi PKB, Maman Imanulhaq; dan Ahli Hukum, Abdul Chair Ramadhan; Komisioner KPU RI, Yulianto Sudrajad.sinpo

Komentar: