Festival Sarung Majalaya 2, Cara Masyarakat Jaga Tradisi dan Budaya Lokal

Laporan: Sinpo
Jumat, 17 Maret 2023 | 06:33 WIB
Festival Sarung Majalaya 2 (https://bandungside.com/)
Festival Sarung Majalaya 2 (https://bandungside.com/)

SinPo.id -  Festival Sarung Majalaya 2 digelar di Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada  14-17 Maret 2023. Festival ini sebagai upaya untuk membangkitkan sektor ekonomi kreatif di khususnya di subsektor fesyen.

"Kami menyambut baik pelaksanaan festival ini, karena sarung sebagai salah satu produk ekonomi kreatif dapat kita promosikan tidak hanya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat tapi juga agar tradisi budaya tetap terjaga. Karena sarung yang sudah menjadi tradisi turun-temurun, bahkan di Majalaya sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sejak abad ke-17," kata Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, Dessy Ruhati, saat menghadiri Festival Sarung Majalaya 2 di Pondok Pesantren Ats-Tsaqofah Al-Islamiyah Majalaya, Rabu 15 Maret 2023. 

Menurut dia, Majalaya mempunyai potensi yang luar biasa di subsektor fesyen, terutama sarung tenun buatan Majalaya yang merupakan karya asli nusantara. Sehingga, kata dia, festival ini sangat cocok diangkat menjadi event berskala nasional.

Oleh sebab itu, Dessy mengungkapkan Kemenparekraf mendorong agar festival ini terus dikembangkan, terutama produksi sarung juga harus mengedepankan kelestarian lingkungan sehingga potensinya bisa mendukung pariwisata yang berkelanjutan. Dessy berharap Majalaya bisa menjadi bagian dari salah satu desa wisata yang ada di Indonesia yang bisa dikembangkan sehingga menjadi bagian pola perjalanan tematik tekstil. 

"Kami berharap ini nanti bisa dikembangkan kembali motif-motif kuno, bersama komunitas bisa dibuatkan sebuah lomba agar motif kuno itu bisa dimunculkan kembali dan mengedepankan proses pewarnaan alami," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Bandung, Sahrul Gunawan, mengapresiasi dukungan Kemenparekraf dalam upaya menghidupkan kembali ekosistem subsektor fesyen di Majalaya. "Kami menyambut baik dukungan pemerintah pusat dalam hal ini Kemenparekraf sehingga sarung Majalaya bisa bangkit kembali," kata Sahrul.

Dalam kesempatan yang sama, turut hadir Direktur Bina Usaha Perdagangan Kementerian Perdagangan, Septo Soepriyatno.

Majalaya Sarong Festival 2sinpo

Komentar: