Legislator Demokrat Berharap Menpora Baru Bisa Membawa Olahraga Indonesia Lebih Baik

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 15 Maret 2023 | 12:35 WIB
Gedung Kemenpora (Dok. Kemenpora)
Gedung Kemenpora (Dok. Kemenpora)

SinPo.id - Anggota Komisi X DPR RI Bramantyo Suwondo berharap sosok pengganti Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bisa berkerja profesional. Terpenting, membawa olahraga Indonesia menjadi lebih baik.

"Sebagai anggota Komisi X, saya berpendapat siapa pun Menpora RI selanjutnya, olahraga Indonesia harus bisa maju dan berkembang, kaya prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional," kata Bramantyo kepada SinPo.id, Jakarta, Rabu, 15 Maret 2023.

Menurut dia, masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan Menpora baru nanti. Salah satunya, fanatisme suporter yang berlebihan.

Kemudian, masih rendahnya partisipasi olahraga dan kebugaran jasmani masyarakat. Termasuk, sarana olahraga yang minim dan kurang layak.

"Belum optimalnya pembinaan olahraga dan permasalahan lain harus dapat kita atasi dan cari solusinya bersama," kata dia.

Untuk itu, politikus Demokrat ini mendorong diadakan perbaikan-perbaikan internal secara holistik di dunia olahraga Indonesia. Terutama, melalui kebijakan dan arahan dari Kemenpora.

"Selain itu, kita juga dapat melakukan monitoring terhadap manajemen induk organisasi olahraga di Indonesia supaya bisa mengoptimalisasi pembinaan olahraga bagi para atlet," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah menerima surat pengunduran diri Zainudin Amali sebagai Menpora pada Senin, 13 Maret 2023.

“Menpora tadi pagi sudah bertemu saya, surat pengunduruan dirinya sudah disampaikan di Setneg (Sekretariat Negara),” kata Jokowi beberapa waktu lalu.

 sinpo

Komentar: