Latihan Misi Khusus, Siswa Dikkopaska TNI AL Lakukan Terjun Malam

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 15 Maret 2023 | 08:56 WIB
Siswa Dikkopaska saat persiapan terjun malam (Dok. TNI AL)
Siswa Dikkopaska saat persiapan terjun malam (Dok. TNI AL)

SinPo.id - Dalam rangka latihan misi khusus untuk bekal bertempur di medan operasi, sebanyak 42 siswa Pendidikan Komando Pasukan Katak (Dikkopaska) Angkatan XLVI Tahun 2022 melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Keparaan dari ketinggian 1.200 hingga 1.500 kaki. Latihan bertempat di Sidoarjo Jawa Timur, Senin, 13 Maret 2023.


Dalam kesempatan ini, Komandan Kodikopsla Laksma TNI Sigit Santoso meninjau langsung kegiatan Siswa Dikkopaska XLVI TA 2022, yang melaksanakan penerjunan statik malam dengan menggunakan pesawat udara U-6207 milik Skuadron Udara 600 Wing Udara 2 Puspenerbal Juanda. Diawali dengan pengecekan kesehatan, briefing penerbangan oleh Komandan Skuadron 600 Mayor Laut (P) Zulda Hendra dlianjutkan Shalat Maghrib berjamaah.

Kata Sigit, dalam melaksanakan latihan, para siswa harus semangat. Karena tak semua prajurit mendapat kesempatan untuk latihan terjun di malam hari.

"Tetap mengikuti instruksi jumping master, instruktur dan para pelatih," tegas Dankodikopsla.

Sementara itu Dansepaska Pusdiksus Kodikopsla Kodiklatal Letkol Laut (P) Wido Dwi Nugraha mengatakan, terjun malam ini merupakan salah satu materi dari latihan praktik para siswa Dikkopaska.

"Hal ini untuk melatih siswa agar paham mengenai prosedur saat terjun malam dengan menggunakan parasut statik dengan baik dan benar, mengingat tidak jarang dalam penugasan pasukan katak diterjukan pada saat malam atau dini hari," ujar Wido.

Latihan terjun bagi siswa Dikkopaska ini merupakan bagian penting dalam pembinaan kemampuan sebagai pasukan khusus TNI AL yang memiliki semboyan "Tan Hana Wighna Tan Sirna" yang berarti tak ada rintangan yang tak dapat diatasi.

Hal tersebut selaras dengan Prioritas Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali yang memprioritaskan Sumber Daya Manusia (SDM) prajurit TNI AL sebagai prioritas utama, dengan pertimbangan berputarnya roda sebuah organisasi akan bertumpu pada kemampuan sumber daya manusianya.sinpo

Komentar: