DPR Fokus 12 Poin di Masa Sidang Ini, Berikut Daftarnya

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 14 Maret 2023 | 15:28 WIB
Pimpinan DPR Dasco, Lodewijk F. Paulus, serta Rachmad Gobel memberikan keterangan pers di Kompleks Parlemen, Senayan/SinPo.id/Galuh Ratnatika
Pimpinan DPR Dasco, Lodewijk F. Paulus, serta Rachmad Gobel memberikan keterangan pers di Kompleks Parlemen, Senayan/SinPo.id/Galuh Ratnatika

SinPo.id - Sebanyak 12 poin bakal menjadi fokus DPR RI pada masa persidangan IV tahun sidang 2022-2023.

Hal itu tertuang di dalam pidato dari Ketua DPR Puan Maharani sebagaimana dibacakan oleh Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa, 14 Maret 2023. 

Pertama, terkait dengan kejadian luar biasa masalah keracunan makanan. Kemudian, maraknya kasus perundungan dan kekerasan terhadap anak. 

"Ya kita lihat, ya, belakangan ini kita merasakan hal-hal yang tidak sepantasnya mungkin terjadi," kata Lodewijk kepada wartawan.

Lalu, permasalahan finalisasi penataan tenaga kerja non ASN atau tenaga honorer. Kemudian, pengawasan keamanan pangan yang belum terpadu akibat perubahan iklim (climate change). 

"Dengan perubahan cuaca yang luar biasa ini, climate change, sudah terbukti ya. Kalau kita terbang katakan dari Surabaya ke Jakarta, terlihat lumbung pangan kita trendam, yaitu sekitar Jawa Tengah dan perbatasan Jawa Barat," ungkapnya. 

Kemudian, kata Lodewijk, yang kelima, terkait kenaikan harga beras dan pangan menjelang bulan Ramadhan ini dan tentunya Idul Fitri. Kemudian, soal kenaikan harga BBM non subsidi di beberapa wilayah di Indonesia. 

Selanjutnya, mengenai pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN). Berikut, percepatan perijinan kegiatan besar melalui digitalisasi. Lalu, polemik putusan PN Jakarta Pusat tentang penundaan pemilu tahun 2024. 

"Kita tahu KPU telah menyampaikan memori banding, kita tinggal liat follow up-nya seperti apa, kita tunggu proses hukum," paparnya. 

Lalu berikutnya, terkait peningkatan partisipasi pemilihan umum (Pemilu) pada 2024. Terakhir, permasalahan kekayaan oknum pejabat ASN di Kemenkeu yang tidak sesuai dengan profilnya. 

"Nah itu 12 poin yang menjadi perhatian kita bersama, dan kita tahu bahwa itu menjadi trending topic di media sosial, dan itu menjadi warning buat anggota DPR pada Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang ada untuk segera bertindak dalam masa sidang yang kita lakukan pada saat ini," tutup Lodewijk.sinpo

Komentar: