PPP: Bola Polemik Sistem Pemilu Ada di MK

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 13 Maret 2023 | 20:02 WIB
Ketua DPP PPP Ahmad Baidowi/Net
Ketua DPP PPP Ahmad Baidowi/Net

SinPo.id -  Ketua DPP PPP Achmad Baidowi (Awiek) mengaku pasrah jika Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan uji materi sistem proporsional tertutup. Menurut dia, PPP tak bisa mengintervensi MK agar Pemilu 2024 digelar dengan sistem proporsional terbuka.

"Kalau kemudian MK memutuskan hal yang lain dan berbeda dengan keinginan kami ya apa boleh buat kita kan enggak bisa maksa karena semuanya sekarag bolanya ada di 9 hakim MK yang tak bisa diintervensi oleh siapa pun," kata kepada wartawan di Jakarta, Senin, 14 Maret 2023.

Awiek mengatakan bola polemik sistem pemilu sekarang berada di tangan MK. PPP bersama tujuh partai politik (parpol) lainnya tidak bisa berbuat banyak terhadap gugatan proporsional tertutup tersebut.

"Hari ini bolanya ada di Mahkamah Konstitusi kita enggak bisa ngapai-ngapain juga, sama dengan teman-teman media, yang memiliki kewenangan sembilan hakim konstitusi," kata dia.

Kendati begitu, Awiek menekankan PPP masih konsisten dengan sikap 7 parpol lainnya yang menolak sistem proporsional tertutup. PPP akan terus berikhtiar agar sistem terbuka terus diterapkan untuk Pemilu 2024.

"Ikhtiar upaya sudah kita lakukan dengan bersama partai-partai yang lainnya memberikan dukungan moril bahwa sistem yang hari ini tetap dipertahankan itu masih bagus," tegas dia.

--sinpo

Komentar: