Mendag akan Perjuangkan Produk Unggulan Indonesia Saat Kunjungan ke India

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 13 Maret 2023 | 15:16 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (SinPo.id/ Ashar)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, akan bertemu dengan sejumlah pemangku kepentingan India, untuk memperjuangkan ekspor komoditas unggulan Indonesia dalam kunjungan kerja yang dilaksanakan pada tanggal 13 sampai 14 Maret 2023.

"Asia Selatan, khususnya India, merupakan pasar potensial nontradisional yang harus digarap intensif," kata Mendag melalui keterangan resminya, Senin 13 Maret 2023.

Selain untuk berpartisipasi dalam KTT Kemitraan CII, ia juga dijadwalkan bertemu Menteri Perdagangan dan Industri India Piyush Goyal, untuk menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo dalam menjajaki perundingan perdagangan bilateral dengan India.

Di samping itu, keduanya berencana untuk membahas isu-isu perdagangan bilateral, yang merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya pada Pertemuan Tingkat Menteri Perdagangan, Industri, dan Investasi G20 di Bali, September 2022 lalu.

Seperti diketahui, total perdagangan Indonesia dan India pada tahun 2022, tercatat sebesar USD 32,71 miliar atau naik 55,68 persen dari tahun sebelumnya yang tercatat sebesar USD 21,01.

Bahkan pada tahun yang sama, ekspor Indonesia ke India tercatat sebesar USD 23,38 miliar, sementara impor Indonesia dari India sebesar USD 9,33 miliar. Sehingga, Indonesia menikmati surplus perdagangan sebesar USD 14,05 miliar.

Untuk produk ekspor utama dari Indonesia ke India sendiri di antaranya batubara, minyak kelapa sawit dan turunannya, besi paduan, asam lemak monokarboksilat industri, serta bijih tembaga dan konsentratnya.

Sedangkan produk utama impor Indonesia dari India di antaranya produk besi setengah jadi, tebu atau gula bit, kacang tanah, daging kerbau beku, serta paduan ferro.sinpo

Komentar: