Relawan Sahabat Muda Prabowo Bertekad Galang Suara Generasi Muda Papua

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 12 Maret 2023 | 16:57 WIB
Deklarasi Sahabat Muda Prabowo di Papua (Dok. Gerindra Papua)
Deklarasi Sahabat Muda Prabowo di Papua (Dok. Gerindra Papua)

SinPo.id - Puluhan pemuda dan pemudi yang tergabung dalam Relawan Sahabat Prabowo mendeklarasikan diri mendukung Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto untuk menjadi Presiden di 2024 mendatang.

Deklarasi tersebut digelar ditempat terbuka yakni eks Terminal Taksi PTC Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua. Deklarasi dihadiri Ketua DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Provinsi Papua Yanni didampingi Wakil Ketua Gerindra Papua Giovanno Pattipawae, Sabtu, 11 Maret 2023.

Koordinator Relawan Sahabat Muda Prabowo Rendi Alhadah menegaskan, pihaknya siap bekerja dengan Partai Gerindra, termasuk sayap sayap Partai Gerindra serta para relawan pendukung Prabowo Subianto. Mereka menyatakan siap mendukung dan memenangkan Prabowo pada Pilpres 2024, dan memenangkan Partai Gerindra pada Pileg 2024.

“Kami siap berjuang untuk mendukung Prabowo pada tahun 2024 mendatang dan siap bekerja lebih giat lagi dengan Partai Gerindra,” tegas Rendi.

Meski deklarasi bukan dilakukan di tempat yang mewah, namun kata Rendi, tidak menyurutkan semangat mereka untuk menjadi bagian dari sejarah mengantarkan Prabowo sebagai Presiden RI 2024.

“Apalagi kegiatan kami ini dihadiri langsung oleh Ketua DPD Gerindra Papua Ibu Yanni, dan wakilnya yaitu bapak Giovanno,” ungkapnya.

Tujuan dari deklarasi ini kata Rendi, lantaran para relawan dan masyarakat pada umumnya yang ada di Bumi Cenderawasih terlebih khusus di atas Tanah Papua sangat ingin Prabowo menjadi RI 1 di negeri ini. Sebab menurutnya, hanya Prabowo yang pantas memimpin Indonesia dan bisa membawa perubahan.

“Motivasi kita, semata mata hanya ingin menjadi pemuda yang berguna untuk nusa dan bangsa. Untuk itu, kami selalu kompak dan siap kawal kemenangan Prabowo Presiden di Tanah Papua. Sebab, kita rasa yang paling cocok jadi presiden hanya Bapak Prabowo Subianto,” kata dia.

Rendi menyebut, pihaknya akan melakukan penggalangan terhadap generasi muda di Papua. Relawan Muda Prabowo juga siap bersinergi dengan struktur Partai Gerindra, dalam mensosialisasikan cita-cita besar Prabowo Subianto membangun Indonesia.

"Kami juga berharap Partai Gerindra dapat menjadi lebih baik lagi, lebih maju dan makin jaya," katanya.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPD Gerindra Papua Giovanno Pattipawae mengapresiasi atas dukungan yang disampaikan Relawan Sahabat Pemuda Prabowo.

“Kami sangat apresiasi, atas partisipasi serta dukungan yang diberikan oleh Relawan Sahabat Prabowo untuk kemenangan Bapak Prabowo dalam Pilpres 2024, serta kemenangan Partai Gerindra,” ujar pria yang karib disapa Vanno ini. 

Diakui anggota DPRD Kota Jayapura ini, meskipun relawan berisikan anak anak muda, namun diyakininya pergerakan pemuda dan pemudi jauh lebih cepat dari orang tua. “Jadi saya pikir mereka bisa lebih cepat bergerak untuk kemenangan Prabowo di Pilpres 2024, dan juga kemenangan Partai Gerindra,” tegasnya.

Untuk itu, ia berharap, kelak akan ada relawan relawan lainnya selain Relawan Sahabat Muda Prabowo ini untuk ikut mendukung kerja kerja di Partai Gerindra.

“Kami memang sangat memerlukan relawan relawan militan yang lebih cekatan dan dapat bekerja lebih cepat, supaya dapat meraup suara sebanyak mungkin untuk Gerindra tapi juga untuk Bapak Prabowo sebagai Presiden RI nanti,” jelas Vanno.

Tidak Dimobilisasi

Sementara itu Ketua DPD Gerindra Papua Yanni menjelaskan, bahwa relawan yang mendeklarasikan diri itu tidak dimobilisasi oleh partai. Jadi itu murni inisiatif dari para generasi Papua yang cinta terhadap sosok Prabowo Subianto.

"Itu adalah inisiatif mereka sendiri untuk mendukung Bapak Prabowo Presiden. Bahkan mereka memberikan nama Relawan Sahabat Muda Prabowo. Artinya, ini kan inisiatif dan keihklasan yang benar benar tulus dari lubuk hati para relawan ini,” tutur Yanni.

Ditegaskan Yanni, barisan relawan itu berbeda dengan kader organik Partai Gerindra. Kalau dari pengurus atau pun kader yang dari sayap partai memang ada instruksi dari pada partai untuk memenangkan Ketua Umum Bapak Prabowo Subianto sebagai Presiden RI 2024 – 2029.

"Bagi kader Gerindra, sudah ada instruksi dan merupakan kewajiban untuk memenangkan Prabowo terpilih sebagai Presiden. Tetapi ini berasal dari relawan yang tulus bergerak ingin berkontribusi dalam pemenangan tokoh yang dicintainya," katanya. 

Menurut Yanni, selain keihklasan tapi juga pemahaman dari pada pemuda ini bahwa memang sosok Pak Prabowo inilah yang menjadi harapan dari kaum Millenial yang ada di Kota Jayapura, seperti yang disaksikan tadi.

“Mereka meminta kita hadir dan mendengarkan deklarasi yang mereka bacakan dalam teks itu. Betapa menggebu gebu dan berharapnya mereka Prabowo Presiden,” ucapnya.

Politikus Gerindra Papua ini menambahkan, atas dasar inisiatif sendiri itulah akan terlihat begitu besarnya keinginan dimana dalam keinginan itu juga terdapat pemahaman bahwa Indonesia kedepan memang memerlukan sosok Prabowo sebagai Presiden, agar Indonesia menjadi lebih kuat dan lebih maju lagi.

“Saat para relawan bacakan pernyataan sikap, saya terharu sekali. Ini sangat luar biasa yang ditampilkan oleh para relawan ini. Bahkan, mereka juga meminta saya untuk sematkan Pin PRABOWO PRESIDEN 2024 kepada adik adik ini. Terimakasih kepada semua pemuda/i yang sudah menyatakan sikap mendukung Prabowo Presiden 2024 mendatang,” ujar Yanni. 

Melihat antusiasme dukungan masyarakat Papua dari berbagai kalangan, Yanni yakin Papua akan menyumbangkan kemenangan besar bagi Prabowo di Pilpres 2024.

"Dukungan untuk Pak Prabowo Presiden terus mengalir dari waktu ke waktu dan trendnya semakin masif, saya yakin nanti Papua akan manjadi lumbung suara besar bagi kemenangan Pak Prabowo di Pilpres 2024," tegas Yanni.sinpo

Komentar: