Pria Dibunuh karena Dicurigai Bawa Daging Sapi, Polisi India Tangkap Tiga Pelaku

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 12 Maret 2023 | 12:11 WIB
Ilustrasi penangkapan (Pixabay)
Ilustrasi penangkapan (Pixabay)

SinPo.id - Polisi India menangkap tiga pria di timur Negara Bagian Bihar terkait pembunuhan terhadap seorang pria Muslim bernama Naseem Qureshi (56). Pembunuhan itu didasari karena Naseem dicurigai membawa daging sapi.

Korban tewas setelah diserang oleh sekitar 20 orang  yang mencurigainya membawa daging sapi. Penjualan dan konsumsi daging sapi dilarang oleh pemerintah di beberapa negara bagian India, demikian seperti dikutip dari Reuters.

Menurut kepercayaan Hindu di India, sapi adalah binatang suci . Sudah sering terjadi penyerangan terhadap mereka yang dituduh menyembelih sapi untuk dikonsumsi dan diambil kulitnya.

Para korban berasal dari minoritas Muslim atau mereka yang berada di bawah sistem kasta kuno di India.

Kelompok Hindu garis keras sudah menyuarakan tuntutan agar melarang penyembelihan sapi di seluruh India. Sekelompok masyarakat Hindu sudah berusaha menegakkan aturan mereka sendiri sejak pemerintah nasional di bawah Perdana Menteri Narendra Modi berkuasa pada 2014.

Negara Bagian Bihar saat ini diperindah oleh partai regional, sedangkan Partai Bharatiya Janata pimpinan Modi menjadi oposisi. Menurut pernyataan polisi dalam sidang pengadilan, Naseem Qureshi dikepung oleh sekitar 20 orang dan dikeroyok. Polisi berhasil melerai pengeroyokan tersebut, tapi Qureshi tewas dalam perjalanan ke rumah sakit.

Ramchandra Tiwari, kepala kepolisian Rasulpur di Bihar, tempat kejadian perkara, mengatakan melalui sambungan telepon bahwa tiga orang telah ditahan dalam pengeroyokan tersebut.sinpo

Komentar: