Copot Direktur Petamina, DPR: Langkah Erick Thohir Tepat

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 09 Maret 2023 | 17:27 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (SinPo.id/ Galuh)
Menteri BUMN Erick Thohir (SinPo.id/ Galuh)

SinPo.id - Anggota Komisi VII DPR RI Abdul Wahid menilai keputusan Menteri BUMN Erick Thohir yang mencopot Direktur Penunjang Bisnis Pertamina Dedi Sunardi langkah yang tepat. Namun, pemecatan harus dibarengi dengan evaluasi terhadap jabatan-jabatan strategis di Pertamina.

“Kalau menurut saya itu langkah yang bagus, efektif tapi bukan hanya sekadar memecat tetapi kan ada evaluasi. Sebaiknya memang setiap jabatan yang diberikan amanah itu harus ada yang namanya fakta integritas komitmen terhadap KPI kinerja,” kata Abdul Wahid kepada wartawan, Jakarta, Kamis, 9 Maret 2023.

Politikus PKB itu menyebut para pihak yang diberikan amanah untuk menjalankan tugas-tugas perusahaan harus memiliki target. Para pejabat bahkan harus berpikir keras untuk menuntaskan target itu sejak diangkat sumpah jabatan.

"Harus ada target menyelesaikan dan itu jika mereka tidak bisa menyelesaikan, beri waktu berapa lama mereka menyelesaikan ini,” ujarnya.

Menurut dia, banyak pekerjaan di Pertamina yang sampai saat ini belum terselesaikan dengan baik. Sehingga, harus ada komitmen dari para pemangku kebijakan di Pertamina.

Untuk itu, Erick Thohir selaku penanggung jawab utama harus tegas terhadap bawahannya dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di Pertamina.

“Target Pertamina apa, Kalau Pak Erick Thohir mau menyelesaikan persoalan di Pertamina, dia buat apa saja master plannya sesuai dengan KPI-nya, mereka harus mencapai target kalau tidak mencapai target, ya siap-siap diganti,” ucapnya.

Di sisi lain, Abdul Wahud menyambut baik rencana pemindahan Depo BBM Pertamina. Dia menyerahkan sepenuhnya proses pemindahan kepada pemerintah, dengan catatan berjalan baik dan demi kepentingan masyarakat banyak.

Hal senada disampaikan Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Bidang Energi Dedi Irawan. Dia mengapresiasi gerak cepak Erick Thohir menangani musibah kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara.

Meski semua merasa berduka atas peristiwa tersebut, kata dia, Erick bisa bergeeak cepat mengurangi kesedihan korban karena penanganan bagi warga yang terdampak sangat baik.

"Kesedihan itu sedikit terobati karena Menteri BUMN bergerak cepat memberikan bantuan bagi masyarakat yang terdampak dan juga tegas menindak jajaran Pertamina yang dianggap lalai," ujar Dedi dihubungi terpisah.

Dedi juga menekankan ketegasan Erick dalam upaya menangani insiden kebakaran Depo Pertamina Plumpang perlu didukung bersama. Terutama, langkah Erick mencopot Dedi Sunardi merupakan bentuk ketegasan dengan menindak siapa pun Direksi BUMN yang dianggap lalai menjalankan tugas.

"Ini harus menjadi pelajaran agar betul-betul seluruh insan BUMN memegang teguh core value BUMN, yakni amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif, nilai utama BUMN disingkat dengan Akhlak," kata dia.

Selain itu, Dedi mendukung rencana Erick yang akan memindahkan lokasi Depo Pertamina Plumpang ke lahan milik PT Pelindo.

"Kami juga mendukung rencana pemindahan Depo Pertamina Plumpang ke tanah Pelindo. Keputusan ini menjadi tanda bahwa BUMN mengutamakan kepentingan rakyat di atas segalanya," kata Dedi.sinpo

Komentar: