Sri Mulyani Disarankan Mundur Jika Tak Mampu Usut Pegawai Pajak Nakal

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 08 Maret 2023 | 22:27 WIB
Santoso/Parlementaria
Santoso/Parlementaria

SinPo.id -  Anggota Komisi III DPR RI, Santoso menyebut momen pengungkapan harta kekayaan mantan pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rafael Alun harus jadi pintu masuk bagi Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk menelusuri rekening pegawai pajak yang lain.

“Menteri Keuangan Sri Mulyani harus mendukung ini dan memberi sanksi yang tegas kepada pegawai pajak yang menyalahi jabatannya untuk memperkaya diri sendiri," kata Santoso di Jakarta, Rabu, 8 Maret 2023. 

Politikus Demokrat ini menyarankan Sri Mulyani mundur dari jabatan Menteri Keuangan jika tidak bisa menertibkan pegawainya.

“Memberhentikan pegawai yang tidak jujur itu lebih baik dari mempertahankan mereka meski berkinerja baik dalan sisi administrasi,” kata Santoso. 

Kepada PPATK, Santoso berpesan untuk meneliti dengan pasti transaksi mencurigakan di rekening para pejabat ini. PPATK juga harus mengungkap transaksi itu kepada aparat penegak hukum yang selama ini tidak dipublis. 

"Tindakan itu sebagai bagian agar pegawai pajak tidak lagi menggunakan jabatannya untuk memperkaya diri sendiri namun merugikan keuangan negara,” kata Legislator Dapil DKI Jakarta III ini.sinpo

Komentar: