Merapi Kembali Semburkan Tujuh Kali Guguran Lava Pijar

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 08 Maret 2023 | 15:26 WIB
Gunung Merapi (AP Photo)
Gunung Merapi (AP Photo)

SinPo.id - Pihak Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan telah terjadi tujuh kali guguran lava pijar dari puncak Gunung Merapi, pada Selasa, 7 Maret 2023. Jarak luncuran mencapai sejauh 1,5 kilometer.

Kepala BPPTKG Agus Budi Santosa menjelaskan, berdasarkan pengamatan yang dilakukan, jarak luncur maksimal 1.500 meter ke barat daya. Sementara itu, suara guguran 2 kali terdengar dari Pos Babadan dengan intensitas sedang.

"Tingkat aktivitas Gunung Merapi masih sama yakni Level III atau Siaga," kata Agus dalam keterangannya, Rabu, 8 Maret 2023.

Kata Agus menyebut kondisi cuaca di gunung yang terletak di ketinggian 2.968 meter di atas permukaan laut (mdpl) dapat dikatakan cerah, berawan dan mendung. Sedangkan, angin bertiup lemah, sedang ke arah barat dan timur.

Untuk suhu udara berada di kisaran 13-26 derajat Celsius, kelembaban udara 65-99 persen, dan tekanan udara 567-689 mmHg. Secara visual gunung jelas terlihat dengan kabut sesekali terjadi. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 30-50 meter di atas puncak kawah. 

"Selain guguran lava pijar juga ada aktivitas kegempaan lainnya," kata dia.sinpo

Komentar: