Mendag Zulhas Terbang ke London, Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan Indonesia-Inggris

Laporan: Sinpo
Rabu, 08 Maret 2023 | 07:34 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan/ SinPo.id/ Ashar SR
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan/ SinPo.id/ Ashar SR

SinPo.id - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan kunjungan kerja ke London, Inggris pada 7 hingga 9 Maret 2023. Kunjungan ini dilakukan untuk meningkatkan kerja sama perdagangan sekaligus meningkatkan ekspor kopi Indonesia.

Agenda utama Zulhas yaitu melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Negara Departemen Bisnis dan Perdagangan, utusan Perdana Menteri Inggris, serta pengusaha Inggris dan selanjutnya akan melakukan penandatanganan kesepakatan kopi internasional (International Coffee Agreement/ICA) serta menyampaikan pidato kunci pada Forum Bisnis United Kingdom (UK) ASEAN Business Council. 

Zulhas mengatakan, Indonesia menyambut baik rencana penandatanganan ICA 2022 agar dapat terus bekerja sama dengan Organisasi Kopi Internasional (International Coffee Organization/ICO) untuk mengatasi berbagai tantangan bagi masa depan kopi Indonesia di pasar internasional dan meningkatkan kesejahteraan petani kopi.

"Selain itu, diharapkan rangkaian pertemuan yang akan dilaksanakan di London dapat membawa hasil nyata bagi kemajuan perdagangan dan investasi Indonesia," kata Zulhas dalam keterangannya pada Selasa, 7 Maret 2023.

Dalam kunjungan tersebut, Zulhas didampingi Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Djatmiko Bris Witjaksono dan Staf Khusus Menteri Perdagangan bidang Perjanjian Perdagangan Internasional Bara Hasibuan. Zulhas menyebut bahwa kunjungan ini merupakan kesempatan untuk memperkuat kerja sama yang telah terjalin antara Indonesia dan Inggris.

“Penandatanganan ICA juga menjadi landasan peningkatan kerja sama untuk merevitalisasi sektor kopi Indonesia," lanjutnya.

Sebagai informasi, total perdagangan Indonesia-Inggris tercatat sebesar US$2,7 miliar pada 2022 atau naik 5,30 persen dibanding tahun sebelumnya.

Kemudian, pada 2022, ekspor Indonesia ke Inggris tercatat sebesar US$1,7 miliar sementara impor Indonesia dari Inggris sebesar US$1,0 miliar. Sedangkan pada 2021, total  perdagangan Indonesia dengan Inggris tercatat sebesar US$2,6 miliar.

Dari total tersebut, ekspor Indonesia ke Inggris tercatat sebesar US$1,5 miliar sedangkan impor Indonesia dari Inggris tercatat sebesar US$1,1 miliar.sinpo

Komentar: