Kesenian Lenong Ampuh Cegah Terorisme

Laporan: Sinpo
Selasa, 07 Maret 2023 | 01:35 WIB
Pementasan lenong (wikipedia)
Pementasan lenong (wikipedia)

SinPo.id -  Kepala BNPT RI memberikan pembekalan kepada pejabat tinggi madya dan pratama Pemprov DKI Jakarta. Ia mengungkapkan bahwa kesenian seperti Lenong ampuh untuk mencegah radikal terorisme.

Pembekalan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, MH berlangsung di Jakarta hari ini hari ini, Senin 6 Maret 2023. 

Boy mengapresiasi sejumlah program yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta dalam menanggulangi radikal terorisme. Program tersebut antara lain Kampung Pancasila, taman pendidikan hingga pertunjukkan kesenian Lenong di ruang publik.

”Kesenian seperti lenong menjadi cara yang ampuh dalam penanggulangan terorisme,” kata Boy Rafli Amar.

Menurut Boy, lenong merupakan bagian dari pelestarian budaya. ”Ada 5 strategi dalam mencegah terorisme, salah satunya adalah pelestarian budaya,” tutur mantan Kadiv Humas Polri tersebut.

4 strategi lain dalam penanggulangan terorisme adalah transformasi wawasan kebangsaan, revitalisasi nilai pancasila, moderasi beragama, dan pembangunan kesejahteraan. 

Boy menegaskan Pemprov DKI) harus mampu menjaga warganya agar tidak terpapar paham radikalisme. Paham ini sangat berbahaya bagi keutuhan bangsa karena bertujuan memecah belah bangsa Indonesia yang mejemuk.

Boy menyatakan sebagai pusat peradaban Indonesia, Jakarta adalah barometer bagi daerah lain. Terlebihjumlah warga  yang bermukim di Jakarta sangat banyak dan memiliki problematika kehidupan yang kompleks.

"Bapak Ibu sekalian yang punya kewenangan di Pemprov DKI harus mampu memastikan masyarakat kita tidak terpapar paham radikalisme, kita jaga warga kita," kata Boy Rafli.

Sementara itu Heru Budi Hartono, Penjabat Gubernur DKI Jakarta berharap DKI Jakarta bisa aman dari segala ancaman yang timbul akibat paham radikalisme. Sebab baginya, ancaman - ancaman itu sering datang secara tak terduga

"Saya ingin DKI Jakarta aman dari segala sisi ancaman akibat paham - paham radikalisme, ancaman itu kadang tidak terduga kapan datangnya. Maka, harus kita antisipasi," ucapnya.

BNPT RI sendiri telah  telah melakukan beragam upaya pencegahan radikal terorisme di Jakarta melalui program FKPT (Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme), Duta Damai, Dialog Kebangsaan dan Pendirian Warung NKRI di DKI Jakarta.sinpo

Komentar: