Politikus PDIP Usul Warga Terdampak Kebakaran Depo Pertamina Pelumpang Direlokasi ke Wisma Atlet

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 06 Maret 2023 | 22:59 WIB
Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah /PPID DKI
Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah /PPID DKI

SinPo.id - Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah mendesak Pemerintah Provinsi (DKI) Jakarta untuk segera mencarikan solusi jangka panjang pasca kebakaran yang terjadi di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

Dengan begitu ratusan kepala keluarga yang menjadi korban kebakaran mendapat tempat tinggal yang layak dan jauh dari zona berbahaya.

”Pemprov DKI dan dewan punya  tanggung jawab bersama. Namun melihat kondisi di lokasi kebakaran yang sangat berbahaya, Komisi D DPRD berharap Pemprov dapat mencarikan solusi tempat tinggal layak bagi penyintas kebakaran," kata Ida Mahmudah di kantornya, Senin 6 Maret 2023.

Legislator fraksi PDIP itu mengungkapkan, dalam beberapa bulan ini pihaknya telah meminta Pemprov DKI bersurat ke pemerintah pusat untuk  pengelolaan Wisma Atlet.

Sehingga, bangunan bekas Rumah Sakit selama masa pandemi Covid-19 itu bisa  dialihkan menjadi rusunawa bagi warga DKI Jakarta.

"Melihat musibah kebakaran di Tanah Merah, kami berharap Pemprov DKI Jakarta mempercepat proses permohonan penyerahan Wisma Atlet sehingga penyintas kebakaran dapat direlokasi ke sana," ungkap Ida.

"Opsi relokasi bagi penyintas kebakaran di Rawa Badak Selatan ke Wisma Atlet Kemayoran lebih dekat dan strategis,” sambungnya.

Selain itu, ia juga mengusulkan agar lahan milik Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta yang berada di Jalan Yos Sudarso atau di seberang lokasi kebakaran agar dijadikan tempat relokasi warga terdampak.

"Lahan milik Pemprov DKI bagus untuk dibangun Rusunawa untuk relokasi warga yang menjadi korban kebakaran di Tanah Merah. Ini solusi jangka panjang yang dewan juga usulkan," tandasnya.sinpo

Komentar: