PT SMI Diharapkan Dapat Berikan Dukungan Pembangunan Bagi Pemda

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 06 Maret 2023 | 14:38 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SinPo.id/Galuh)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SinPo.id/Galuh)

SinPo.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, meminta agar PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) dapat memberikan dukungan pembangunan bagi pemerintah daerah (Pemda).

“Kalau memang PT SMI mampu tadi saya minta mengembangkan program loan. Kemudian melakukan assessment risk terhadap pemerintah-pemerintah daerah," kata Menkeu, dikutip Senin 6 Maret 2023.

"Kalau kita lihat pemerintah daerah yang champion yang bisa menurunkan stunting, punya leadership yang bagus, kredibilitas bagus, mestinya kita bisa bantu secara maksimal,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga meminta agar PT SMI membuat profil risiko masing-masing pemda. Karena kemampuan pemda untuk menyampaikan tujuan pembangunan harus dikembangkan dengan sungguh-sungguh.

Peran PT SMI sendiri dalam pembangunan di daerah diharapkan dapat menurunkan tingkat kesenjangan antar daerah. Jika masih ada daerah 3T (terpencil, terluar, tertinggal) maka artinya Pemerintah belum menutup gap yang ada.

“Saya merasa bahwa inequality antar daerah harus diturunkan. Kita tidak boleh lagi sebenarnya dalam satu dekade ke depan ada yang disebut sebagai daerah terpencil, terluar, dan tertinggal. Itu harusnya nggak ada kata itu,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kata Sri Mulyani, Kemenkeu akan terus memberikan dukungan bagi PT SMI untuk berinovasi mendukung pembangunan di daerah. Terutama yang ada kaitannya dengan sumber daya manusia untuk keluar dari middle income trap, yakni pembangunan sisi pendidikan, kesehatan, dan bantuan sosial.

“Coba dipikirkan dan mulai pilih dengan entah proyek atau program di daerah-daerah yang betul-betul menghasilkan suatu hasil yang kemudian bisa di skill up caranya,” paparnya.sinpo

Komentar: