Musim Depan, Liga 1 Ganti Nama Jadi Liga Indonesia, Liga 2 Jadi Liga Nusantara

Laporan: Zikri Maulana
Minggu, 05 Maret 2023 | 14:16 WIB
Ratu Tisha/ITB
Ratu Tisha/ITB

SinPo.id -  Dalam sarasehan dengan Klub Liga 1 dan Liga 2 telah disepakati beberapa hal, termasuk diantaranya rencana perubahan nama Liga 1 dan Liga 2 di musim depan.

Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha mengatakan, Liga 1 akan berubah nama menjadi Liga Indonesia dan Liga 2 akan berubah nama menjadi Liga Nusantara. Perubahan ini rencananya bakal dilakukan pada musim depan.

"Untuk Liga 1 musim depan berganti nama menjadi Liga Indonesia. Sedangkan Liga 2 menjadi Liga Nusantara," Kata Tisha dikutip dari laman resmi PSSI, Minggu 5 Maret 2023.

Thisa juga mengatakan kedua Liga tersebut nantinya bakal memperebutkan trofi Piala Presiden. Jadwal kompetisi kedua Liga itu pun sudah ditetapkan.

‘’Semuanya, apakah itu Liga 1 dan Liga 2 akan memperebutkan trofi Piala Presiden. Jadwal kapan Liga 1 dan 2 mulai juga sudah kita tetapkan,’ kata Tisha.

Thisa juga menyampaikan hasil keputusan Sarasehan Sepak bola Klub Liga 1 dan Liga 2 yang digelar di Surabaya, Sabtu 4 Maret 2023, antara lain sebagai berikut:

1. Kalender kompetisi antara liga 1 dan 2 akan seminimal mungkin beririsan satu sama lain, hal ini guna meningkatkan nilai komersial dan keolahragaan bagi Liga 2, agar kualitasnya naik secara signifikan.

2. Liga 2 akan memiliki slot tersendiri yang tidak beririsan dengan Liga 1, sehingga fans & suporter Liga 2 bisa menikmati sepakbola dengan lebih meriah.

3. Proteksi ekosistem bisnis Liga 1 dan Liga 2 yang akan dibangun dengan kepastian jadwal dan perizinan secara terpusat.

4. Regulasi dan format kompetisi yang ditentukan dengan lebih menarik, dengan adanya sistem play-off. 

5. Klub Liga 1 dan klub Liga 2 sepakat untuk menatap ke depan mempersiapkan tim untuk musim 2023/2024, dan di sela waktu khusus untuk Liga 2 akan dibuat mini turnamen untuk mempersiapkan tim. sinpo

Komentar: