Luhut Tegaskan Impor Kereta Bekas PT KCI Sebagai Kesalahan

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 04 Maret 2023 | 11:55 WIB
Luhut Binsar Panjaitan/Setkab
Luhut Binsar Panjaitan/Setkab

SinPo.id -  Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan impor kereta bekas yang selama ini dilakukan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) adalah kesalahan.

Luhut mempertanyakan kenapa KCI tidak membuat perencanaan untuk mencegah impor.

"Jadi ini nggak boleh buat kesalahan-kesalahan seperti ini lagi. Dulu impor barang bekas, masak sekarang mau impor barang bekas lagi? Jadi kita bilang kenapa nggak buat perencanaan untuk tidak impor," ungkap Luhut ketika ditemui di kantornya, bilangan Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 3 Maret 2023.

Luhut tak memungkiri jika pengadaan kereta baru akan lebih mahal, tapi setidaknya hal itu bisa membantu roda perekonomian.

"Memang mungkin sedikit mahal, tapi uangnya berputar dalam negeri," ujar Luhut.

Luhut berujar kalau perlu sebelum impor dilakukan pihaknya ingin ada audit mendalam pada prosesnya. Termasuk memastikan siapa penjualnya hingga berapa harganya.

Audit ini harus dilakukan langsung oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Kalau masalah waktu ndak bisa (kurangi impor), kita mau kirim BPKP untuk melakukan audit dulu barangnya. Jadi nggak dibeli dari tangan ketiga, nanti harganya supaya harga yang benar. Jangan sampai ada penyimpangan-penyimpangan harga," ungkap Luhut.sinpo

Komentar: