Golkar Bakal Sodorkan Ranking Airlangga di Musra Indonesia ke KIB

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 03 Maret 2023 | 09:40 WIB
Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono (kanan)/ SinPo.id/ Juven M Sitompul
Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono (kanan)/ SinPo.id/ Juven M Sitompul

SinPo.id - Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono memastikan hasil Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia yang memenangkan Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres) di beberapa provinsi bakal dibawa ke internal Koalisi Indonesia Hebat (KIB). Hasil Musra dinilai lebih bernilai ketimbang hasil lembaga survei.

"Iya ini pasti jadi bahan untuk pembahasan bahwa kita jangan hanya berkutat pada survei, tapi kita juga melihat bahwa ini gerakan langsung masyarakat di bawah bukan hanya melalui lembaga politik," kata Dave kepada SinPo.id, Jakarta, Kamis, 2 Maret 2023.

Dave menilai hasil Musra Indonesia itu menjadi modal utama Golkar dalam memperjuangan Airlangga sebagai calon presiden (capres). Jajaran pengurus Golkar akan mengawal hasil Musra Indonesia itu untuk menjadi landasan anggota KIB lain sepakat menjadikan Airlangga sebagai capres.

"Iya pasti, dengan ini jadi modalitas utama, dan ini akan kita kawal sehingga berhasil di dalam KIB, dan juga untuk mendapatkan tiket," kata dia.

Menurut Dave, Golkar harus mulai berpikir mencari pasangan yang pas untuk Airlangga. Dia menyebut partai berlambang pohon beringin itu ingin pasangan Airlangga nantinya bukan hanya sosok yang dapat mendongkrak suara saja melainkan benar-benar mampu menjalankan roda pemerintahan untuk lima bahkan sepuluh tahun ke depan.

Dave berharap cawapres nantinya sosok yang bisa mengimbangi kerja Airlangga. Dia mengeklaim jika Airlangga sebagai Menteri Koordinator Perekenomian telah membuktikan mampu membawa ekonomi Indonesia lebih baik.

"Semua program-program yang dijalankan dan digelontorkan terbukti efektif yang berkaitan dengan kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, baik itu di UU Cipta Kerja, lalu kebijakan-kebijakan ekonomi secara makro itu kan memiliki dampak langsung terhadap kehidupan masyarakat," klaim Dave.

Di sisi lain, dia juga menyebut jika kerja Airlangga diakui Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pengakuan itu juga diungkapkan Jokowi langsung saat menghadiri HUT Golkar.

"Presiden juga sudah menganggap bahwa dalam HUT Golkar yang lalu Pak Airlangga itu punya jam terbang dan kemampuan yang tinggi untuk menjadi presiden yang akan datang, jadi sudah tidak perlu dibahas lagi," kata dia.

Bakal calon presiden dari Partai Golkar Airlangga Hartarto kembali memenangi Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia. Kali ini, Airlangga menang di Musra Provinsi Papua Barat.

Total, sudah 5 wilayah yang sudah dimenangi Airlangga. Kelima wilayah itu, yakni Gorontalo, Banten, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, Papua Barat.

"Airlangga mendapatkan 34,35 persen suara, mengungguli Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 19,56 persen, dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan 15,05 persen," kata penanggung jawab Musra Budi Ari Setiadi, Rabu, 1 Maret 2023.sinpo

Komentar: