Program Penanganan Banjir Jakarta Diklaim Sukses

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 02 Maret 2023 | 09:18 WIB
Sekda DKI saat meninjau pintu air Manggarai/PPID DKI
Sekda DKI saat meninjau pintu air Manggarai/PPID DKI

SinPo.id -  Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono mengklaim pemerintah provinsi (Pemprov) DKI berhasil menanggulangi banjir dan genangan di Ibu Kota dengan cepat.

Hal itu diungkapkan Joko usai memantau ketinggian muka air di Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, pada Rabu 1 Maret 2013.

“Kita semua merasakan bahwa sepuluh hari belakangan ini, hampir tiap hari hujan. Kita lihat dengan curah hujan yang sedemikian tinggi, namun kondisi Pintu Air Manggarai masih di bawah normal. Artinya, program penanggulangan atau mengatasi banjir bisa kita katakan berhasil,” kata Joko dalam keterangannya dikutip Kamis, 2 Maret 2023.

Joko menjelaskan, keberhasilan penanganan banjir di Jakarta dikarenakan arahan dan perintah Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Heru Budi Hartono yang menjadikan penanganan banjir menjadi salah satu prioritas utama.

"Ini berkat arahan dan perintah dari Pj Gubernur. Memang Pak Pj. Gubernur tidak banyak bicara, tetapi terus bekerja di lapangan. Kita diminta untuk secara bersama-sama dengan beliau untk bekerja terus menerus menangani banjir,” ujarnya.

Menurutnya salah satu arahan Pj Heru dalam mengatasi banjir di wilayah DKI Jakarta yaitu membersihkan saluran air untuk memperlancar aliran hujan, sehingga genangan bisa lebih cepat surut. Karena itu, salah satu tolak ukur genangan harus surut dalam waktu enam jam tetap diberlakukan.

Joko juga mengapresiasi langkah pemerintah pusat yang bekerja cepat membantu penanganan banjir di Jakarta dengan membangun Waduk Ciawi dan Sukamahi.

Selain itu, Pemprov DKI juga terus melakukan normalisasi Kali Ciliwung dan mengeruk sungai-sungai melalui program Grebek Lumpur, agar semakin besar daya tampung air saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Dengan begitu, banjir di DKI Jakarta dapat teratasi dengan baik. Bahkan, hampir tidak ada wilayah di Kota Jakarta yang tergenang air saat hujan deras. Kalaupun ada genangan, itu karena hujan turun dengan intensitas sangat tinggi dan akan surut dengan cepat.

Joko menambahkan, kecepatan penanganan banjir dapat dilihat dari hasil ketuntasan tindak lanjut laporan tentang genangan banjir masyarakat yang sampai Februari 2023 mencapai 95,1 persen dalam platform Cepat Respon Masyarakat (CRM) yang mengintegrasikan 13 kanal aduan.

Keberhasilan Pemprov DKI dalam mengatasi banjir juga dikarenakan partisipasi masyarakat yang semakin tinggi dan tingkat kesadarannya dalam membuang sampah pada tempatnya, tidak di sungai maupun di saluran-saluran air.

"Saya berharap, kesadaran ini semakin hari semakin meningkat, sehingga upaya kita di dalam menangani atau mengatasi banjir bisa lebih baik dari waktu ke waktu,” tandasnya.
sinpo

Komentar: