Musra Indonesia, Prabowo Sosok Capres Harapan Kalimantan Utara

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 01 Maret 2023 | 23:05 WIB
Prabowo Subianto/SinPo.id
Prabowo Subianto/SinPo.id

SinPo.id -  Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto menjadi sosok yang diharapkan menjadi calon presiden (capres) dalam Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia di Kalimantan Utara (Kaltara). Prabowo unggul dari bakal capres lainnya.

Perolehan suara Prabowo di Kaltara mencapai 33,51 persen responden. Di posisi kedua ada mama Airlangga dengan perolehan 22,34 persen suara, disusul posisi ketiga Ganjar Pranowo dengan 21,37 persen responden.

"Peserta Musra Kalimantan Utara lebih mendambakan pemimpin yang berani tegas berwibawa dan jujur dan bersih. Harapan ini relatif seimbang dan cukup tinggi di antara lainnya (mencapai 60 persen)," kata Ketua Panita Musra Panel Barus melalui keterangan tertulis, Jakarta, Rabu, 1 Maret 2023.

Catatan hasil Musra, peserta ingin Indonesia dipimpin sosok yang berani, tegas, dan berwibawa dengan 31,63 persen suara. Lalu, jujur dengan 29,69 persen, merakyat 20,47 persen, serta berpendidikan dan profesional 6,07 persen.

Kemudian, sosok berakhlak baik dengan 5,85 persen. Selanjutnya, berpengalaman 4,42 persen dan dermawan 1,87 persen.

"Merakyat adalah karakter ketiga yang banyak diharapkan oleh masyarakat Kalimantan Utara," ujarnya.

Di sisi lain, program prioritas yang menjadi harapan rakyat dalam Musra Kaltara ialah lapangan usaha dan ketersediaan pekerjaan yang diikuti ekspektasi atas program pendidikan gratis dan berkualitas.

Menariknya, kata Panel, berbeda dengan MUSRA sebelumnya, isu pembangunan IKN Nusantara mendapat perhatian yang cukup tinggi. Bahkan di atas tuntutan layanan keesehatan gratis dan layak.

"Keempat isu tersebut diikuti oleh sembako murah, kemudian program infrastruktur jalan, banyuan pertanian, dan pencegahan stunting," kata dia.

Voting Musra Kaltara ini digelar di Kota Tarakan. Total peserta Musra Kaltara sebanyak 1334.
sinpo

Komentar: