Setelah Rafael Alun, Giliran Pejabat Bea Cukai Jogja yang Bakal Diperiksa KPK

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 01 Maret 2023 | 22:01 WIB
Rafael Alun Trisambodo/SinPo.id
Rafael Alun Trisambodo/SinPo.id

SinPo.id -  Setelah memeriksa Pejabat Direktorat Jenderal Pajak, Rafael Alun Trisambodo terkait klarfikasi harta kekayaannya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan bakal memeriksa Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto. 

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan, Eko Darmanto yang kerap memamerkan gaya hidup mewah di media sosial itu sudah menjadi sorotan KPK, dan secepatnya akan dimintai klarifikasi terkait harta kekayaannya. 

"Sudah dan besok akan keluar surat tugas pemeriksaannya," kata Pahala, di Gedung KPK pada Rabu 1 Maret 2023. 

Aksi pamer harta yang dilakukan Eko Darmanto viral di media sosial, ditengah ramai sorotan publik akan kasus Rafael.

Walau akun media sosialnya sudah hilang, hasil tangkapan layar unggahannya masih banyak beredar. 

Diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini tengah menelusuri asal usul harta kekayaan milik pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo.

Dalam penelusurannya, KPK juga mengecek perumahan seluas 6,5 Hektare di Minahasa Utara, atas nama Istri dari Rafael. 

"Saya kirim tim kemarin ke Minahasa Utara untuk melihat perumahannya ada 65.000 meter atau 6,5 hektare. Dimiliki dua perusahaan atas nama istri yang bersangkutan," kata kata Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan dalam konferensi pers, Rabu 1 Maret 2023. 

Pahala mengatakan data kedua perusahaan itu sudah tercatat di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Dari enam perusahaan yang tercatat di LHKPN dua diantaranya adalah perumahan yang berada di Minahasa Utara tersebut. 

Dalam LHKPN Rafael, ke enam perusahan tersebut masuk dalam katergori surat berharga yang nilainya sebesar kurang lebih Rp1,5 miliar. 

KPK juga mengungkapkan soal kepemilikan mobil Jeep Rubicon yang sering dipamerkan oleh Mario Dandy Satriyo, yang merupakan anak dari Rafael Alun Trisambodo. Sementara ditemukan kendaraan tersebut bukan atas nama rafael melainkan Kakaknya. sinpo

Komentar: