Puan Dorong Percepatan Relokasi Rumah Korban Gempa Cianjur

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 01 Maret 2023 | 18:40 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (kanan)/Dok. Ketua DPR RI
Ketua DPR RI Puan Maharani (kanan)/Dok. Ketua DPR RI

SinPo.id - Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong agar seluruh korban gempa di Cianjur, Jawa Barat (Jabar), segera mendapat bantuan hunian sebelum hari raya Idulfitri 1443 Hijriah. Hal ini ditegaskan Puan saat menghadiri acara penyerahan secara simbolis rumah hunian bagi korban.

Tercatat, ada 500 penerima bantuan hunian dalam program ini, 200 di antaranya merupakan penerima kunci rumah siap huni. Puan juga memberikan 500 bantuan makanan dan paket sembako kepada masyarakat terdampak gempa Cianjur.

Secara simbolis, Puan menyerahkan kunci rumah bantuan hunian tetap kepada warga bernama Ujang Mahmudin yang mendapat hunian di Blok A No 12. Ia pun masuk ke bagian dalam rumah untuk mengecek tempat tidur, dapur, hingga kran air.

“Ini rumah buat bapak. Rumah sendiri, jadi nanti kalau Pak Ujang ‘diusir’ setelah saya pergi, bilang sama saya. Tapi ingat, rumah ini tidak bisa diperjualbelikan,” kata Puan ke Ujang di Kampung Pasir Sembung, Desa Sukanagalih, Kecamatan Cilaku, Cianjur pada Rabu, 1 Maret 2023.

Kepada Puan, Ujang yang tinggal bersama istri dan anaknya mengaku bersyukur mendapat bantuan hunian tetap. "Alhamdulillah, akhirnya bisa ada rumah. Jadi kami tidak lagi tidur di tenda,” kata Ujang.

Puan lalu menyoroti pencairan bantuan rumah warga terdampak bencana gempa yang terjadi pada akhir 2022. Penyaluran relokasi terhambat karena sistem administrasi dan verifikasi lapangan yang ketat mengingat daerah tersebut merupakan lokasi paling terdampak gempa.

Mantan Menko PMK itu meminta agar realisasi bantuan rumah atau hunian bagi korban gempa dapat secepat mungkin direalisasikan. Apalagi, kata Puan, saat ini musim hujan.

“Hunian tetap agar segera bisa dihuni oleh warga setelah penyerahan kunci, karena musim hujan,” kata dia.

Puan siap memperjuangkan agar masyarakat terdampak gempa yang rumahnya rusak dan kini tinggal ditenda bisa segera mendapat bantuan hunian sebelum idulfitri.

“Saya akan dorong agar para korban gempa bisa lebaran di rumah, bukan di tenda,” kata cucu Bung Karno tersebut.

Sementara itu, Bupati Herman Suherman yang hadir mendampingi Puan menyampaikan berterima kasih atas dukungan DPR RI untuk para korban gempa Cianjur.

"Saya atas nama masyarakat Cianjur mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan bantuan Ibu Puan,” kata Herman.sinpo

Komentar: