Anggota DPR soal PeduliLindungi Jadi SATUSEHAT Mobile: Banyak Hal Positif

Laporan: Martahan Sohuturon
Rabu, 01 Maret 2023 | 15:40 WIB
Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay/ Galuh/ SinPo.id
Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay/ Galuh/ SinPo.id

SinPo.id - Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay menyatakan bahwa hal psitif dalam transformasi aplikasi PeduliLindungi menjadi SATUSEHAT Mobile.

Ia berharap, SATUSEHAT Mobile dapat lebih bermanfaat dalam meningkatkan kualitas kesehatan dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Selain itu, Saleh juga berharap SATUSEHAT Mobile bisa menjadi sarana untuk memaksimalkan peningkatan kesehatan komunitas secara kolektif di tengah masyarakat.

"Setelah membaca berita terkait, sepintas saya melihat ada banyak hal positif yang baru di dalam aplikasi tersebut. Mulai dari urusan imunisasi anak, antre ke rumah sakit, hasil pemeriksaan, hingga data pembelian obat ada dan terintegrasi. Bahkan ada data rekam medis, konsultasi kesehatan, ada bonus dan poin, serta layanan yang jauh lebih luas," kata Saleh dalam keterangannya pada Rabu 1 Maret 2023.

"Kalau ini benar, tentu ini sangat positif. Jika masyarakat dapat memanfaatkannya dengan benar, maka penggunaan aplikasi ini dapat diandalkan menjadi garda pertahanan kesehatan masyarakat," sambungnya.

Ia pun meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) segera melakukan sosialisasi terkait SATUSEHAT Mobile. Tanpa sosialisasi, menurutnya, masyarakat belum tentu mengerti penggunaan SATUSEHAT Mobile yang terlihat sedikit rumit untuk ukuran masyarakat awam.

"Sosialisasi mutlak dilakukan. Harus disadari bahwa tidak semua masyarakat kita memiliki akses kepada internet. Mereka yang ada di daerah belum tentu memiliki perangkat smartphone. Belum tentu juga mampu membeli kuota internet. Jangan sampai hal ini menjadi kendala ke depannya," ujarnya.

Ketua Fraksi PAN DPR RI itu juga meminta agar keamanan data masyarakat SATUSEHAT Mobile dijaga, terutama terkait rekam medis dan data-data privasi lainnya. Saleh menyinggung, kebocoran data masyarakat di PeduliLindungi.

"Dulu, PeduliLindungi katanya aman. Tapi belakangan ternyata bocor juga. Itu tentu tidak boleh terulang lagi," katanya.

Dikutip dari situs Kemenkes, SATUSEHAT Mobile diakui sebagai "nama baru dari aplikasi PeduliLindungi".

Bedanya, aplikasi ini membuat masyarakat "mendapatkan layanan kesehatan terintegrasi sehingga tidak perlu membawa rekam medis saat berpindah fasyankes karena berobat jadi lebih satset (red: cepat dan gesit)".

Secara umum, SATUSEHAT di antaranya berperan sebagai aplikasi kesehatan masyarakat, catatan kesehatan pribadi, hingga Rekam Medis Elektronik (RME). Datanya bersumber dan terintegrasi dengan SATUSEHAT Platform.

Meski membawa sejumlah fitur baru, SATUSEHAT tetap mencantumkan perlengkapan yang terkait penanganan Covid-19.sinpo

Komentar: