Wapres Maruf Amin Minta Kuota Jemaah Haji di Indonesia Ditambah: Rata-rata Masa Tunggu 22 Tahun

Laporan: Sinpo
Rabu, 01 Maret 2023 | 02:51 WIB
Haji/Kemenag
Haji/Kemenag

SinPo.id -  Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin meminta kuota jemaah haji Indonesia ditambah. Menurut dia, animo masyarakat Indonesia untuk menunaikan ibadah haji sangat tinggi. 

“Karena banyaknya peminat, rata-rata masa tunggu haji di Indonesia berkisar 22 tahun, bahkan ada yang sampai 46 tahun,” ujarnya.

Pernyataan itu disampaikan saat menerima Kunjungan Kehormatan Duta Besar (Dubes) Kerajaan Arab Saudi untuk RI Y.M. Faisal Abdullah H. Amodi, di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Dipenogoro No.2, Jakarta, Senin 27 Februari 2023. 

Indonesia adalah negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. 87% atau sekitar 238 juta penduduk Indonesia beragama Islam. Ini mencakup 12,5% total penduduk muslim dunia. Dengan besarnya jumlah penduduk muslim, maka tak heran jika animo masyarakat Indonesia untuk melaksanakan ibadah haji sangat tinggi. 

“Saya ucapkan terima kasih atas kuota haji untuk jamaah haji Indonesia, sebanyak 221.000 orang tahun ini. Saya berharap kuota tersebut dapat ditambah di tahun-tahun mendatang,” ujarnya.

Lebih jauh Wapres mengungkapkan, dengan lamanya masa tunggu tersebut, banyak calon jamaah yang sudah meninggal sebelum mereka sempat melaksanakan ibadah haji.
Wapres pun sekali lagi menekankan, agar permintaan kenaikan kuota haji untuk Indonesia benar-benar dipertimbangkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

“Oleh karena itu, saya betul-betul berharap kuota haji untuk Indonesia dapat ditingkatkan. Jika diberikan kuota tambahan haji, dapat berkurang berkurang masa tunggunya,” imbuhnya.

Selain kuota haji, Wapres juga meminta Pemerintah Saudi untuk menindaklanjuti proyek Indonesian House yang rencananya akan dibangun di Mekkah.

“Masih terkait haji, saya juga berharap dukungan pemerintah Saudi, untuk pembangunan Indonesian House,” imharapnya.

Menurut Wapres, dengan adanya Indonesian House, maka akan memudahkan jemaah Indonesia mendapatkan akomodasi, baik ketika melaksanakan ibadah haji, maupun umroh.

“Indonesian House ini sangat penting untuk memberikan dukungan maksimal kepada jamaah haji Indonesia,” jelas Wapres.sinpo

Komentar: