Elemen Masyarakat, Aktivis hingga Eks Bawaslu Deklarasi 'Komunitas Pemilu Bersih'

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 27 Februari 2023 | 18:40 WIB
Ilustrasi Pemilu 2024
Ilustrasi Pemilu 2024

SinPo.id -  Elemen masyarakat mendeklarasikan 'Komunitas Pemilu Bersih' untuk mengawal dan memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan bersih.

Koordinator Komunitas Pemilu Bersih Jeirry Sumampow mengatakan bahwa gerakan yang dilakukan pihaknya bertujuan dibentuk mendorong penyelengara pemilu yang bersih, politisi bersih, dan pemilih bersih.

"Tapi kami melihat sekarang ini bukan problem pemilu itu tidak hanya pada politisinya sebetulnya, Karena itu kita menyasar tiga target," kata Jeirry dalam keterangannya di Jakata pada Senin, 27 Februari 2023.

Jeirry mengungkapkan, tiga komponen tersebut dianggap penting dalam rangka mendorong dan mewujudkan Pemilu 2024 yang baik dan berkualitas.

"Dengan asumsi kalau politisi kita baik maka pemilu akan baik dan setelah pemilu itu proses pemerintahan akan baik," ujarnya.

Jeirry memaparkan secara teknis tahapan pemilu sudah dijalankan dengan cukup baik oleh penyelenggara pemilu baik KPU, Bawaslu, maupun DKPP.

Namun begitu, pihaknya membutuhkan penyelenggara pemilu yang bersih. Sebab, ada banyak indikasi kepentingan dari luar yang turut mempengaruhi proses penyelenggaraan pemilu.

"Ada banyak pengaruh dan akan banyak kepentingan yang kemudian ikut berpengaruh terhadap mereka yang kemudian membuat mereka tidak bersih, baik KPU Bawaslu dan DKPP," ucap Jeirry.

Komunitas pemilu bersih ini berisikan masyarakat, akademisi hingga aktivis, seperti Koordinator Komite Pemilih Indonesia (Tepi), Jeirry Sumampow; Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Indonesia, Ray Rangkuti; peneliti Formappi, Lucius Karus; dan mantan Ketua Bawaslu RI, Abhan; Arif Nur Alam; Elizabeth Koerini; Fahmy Badoh; Jamil Mubarak; hingga Mike Wijaya.

Sementara itu deklarasi 'Komunitas Pemilu Bersih' ditandai dengan simbol serbet merah putih sebagai komitmen untuk terus melakukan bersih-bersih pada pemilu 2024.

"Jadi ini simbol kita. Mudah-mudahan kita konsisten. Kita akan kampanye, mengkampanyelan pemilu bersih ini dengan simbol serbet," ucapnya.sinpo

Komentar: