Tertinggi di Litbang Kompas, Bukti Prabowo Miliki Kemampuan Pikat Pemilih

Laporan: Sinpo
Jumat, 24 Februari 2023 | 22:29 WIB
Prabowo Subianto/ SinPo.id/ Ashar SR
Prabowo Subianto/ SinPo.id/ Ashar SR

SinPo.id - Litbang Kompas merilis survei terkait popularitas dan akseptabilitas ketua umum dalam memberikan pengaruh terhadap elektoral partai di Pemilu 2024.

Pada aspek popularitas Ketua Umum PDIP Megawati berada di tingkat teratas dengan angka 94.9 persen, diikuti Prabowo Subianto 94.5 persen. Ketua Umum dr Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memperoleh angka popularitas 59.9 persen.

Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro menyebut, meski berada di bawah Megawati dalam hal popularitas, namun dalam hal akseptabilitas atau tingkat penerimaan pemilih, Prabowo Subianto menjadi ketua umum partai politik memperoleh akseptabilitas tertinggi.

"Prabowo berada di tingkat teratas dengan angka 72.2 persen. Lalu di posisi kedua ditempati Megawati dengan tingkat akseptabilitas 51.8 persen. Di posisi ketiga ditempati AHY dengan tingkat akseptabilitas 37.1 persen," ucap Bawono, Jumat, 24 Februari 2023.

Temuan survei dari Litbang Kompas mengenai tingkat popularitas dan tingkat akseptabilitas dari ketua partai politik makin menunjukkan jika Prabowo memiliki kelebihan dibanding tokoh lain. Secara personal, kata Bawono, Prabowo memiliki kemampuan lebih untuk memikat hati para pemilih.

"Secara personal Prabowo Subianto dilihat pemilih sebagai tokoh politik dengan kemampuan sangat baik untuk memikat hati para pemilih dari berbagai kelompok pemilih. Sehingga Menteri Pertahanan itu memperoleh tingkat akseptabilitas lebih tinggi jika dibandingkan ketua-ketua umum partai politik lain," kata dia.sinpo

Komentar: