Ekonomi Digital Indonesia Mampu Tumbuh Impresif pada Tahun 2022

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 23 Februari 2023 | 17:40 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/ Dok. Kemenko Perekonomian
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/ Dok. Kemenko Perekonomian

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan ekonomi digital Indonesia mampu tumbuh impresif hingga 5,31 persen pada tahun 2022, ditopang oleh layanan e-commerce dan on-demand, seperti ride hailing, online food delivery, dan juga bisnis logistik berbasis online.


Menurut data Bank Indonesia (BI), nilai ekonomi digital Indonesia pada tahun 2022 mengalami pertumbuhan sebesar 22 persen (yoy) atau senilai USD 77 miliar. Melalui capaian tersebut, Indonesia berhasil menjadi pemain utama dalam ekonomi digital ASEAN dengan dominasi 40% nilai total transaksi ekonomi digital ASEAN berasal dari Indonesia.

“Investasi ekonomi digital tumbuh positif, ditunjukkan oleh deal value investasi triwulan I- 2022 sebesar USD 3 miliar, nilai tertinggi kedua setelah Singapura," kata Airlangga, Kamis 23 Februari 2023.

Ia mengatakan, masifnya digitalisasi dalam memegang peranan penting pada berbagai aspek kehidupan, telah mampu mendorong munculnya society 5.0. Namun berbagai potensi terkait digitalisasi tersebut perlu untuk dioptimalisasi.

“Untuk menghadapi Society 5.0, Indonesia membutuhkan SDM yang unggul dan berdaya saing, terutama dengan literasi dan keterampilan digital dan tentu saya berharap bahwa generasi muda mahasiswa mahasiwa agar literate terhadap digitalisasi," ungkapnya.

Sejumlah program yang bertujuan untuk mendorong peningkatan literasi dan keterampilan digital telah disiapkan Pemerintah, seperti Kartu Prakerja dan Program Literasi Digital Nasional Indonesia Makin Cakap Digital.

"Di samping peningkatan literasi digital, Pemerintah juga terus mendorong generasi muda agar memiliki jiwa kewirausahaan sehingga mampu mendirikan start-up guna menciptakan ragam solusi dan inovasi digital bagi masyarakat," kata Airlangga menambahkan.sinpo

Komentar: