Cabut Dukungan untuk Sukron, PWPM Jateng Pilih Zaedi Basiturrozak

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 22 Februari 2023 | 20:54 WIB
Bendahara Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Zaidi Bashiturrozak/ Dok. Zaidi
Bendahara Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Zaidi Bashiturrozak/ Dok. Zaidi

SinPo.id - Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Jawa Tengah menyusul puluhan PWPM dari berbagai daerah di Indonesia mendukung Zaedi Basitturrozak sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah (PPPM) dalam Muktamar XVIII di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Kalimantan Timur, 21-24 Februari 2023.

Keputusan untuk mendukung Zaedi Basitturrozak ini diambil dimenit-menit akhir jelang pemilihan Ketum PPPM yang menggunakan sistem formatur. PWPM Jateng sebelumnya mendukung pencalonan M Sukron.

Namun, setelah mempertimbangkan dengan matang, PWPM Jateng merasa 'kepincut' dengan visi Zaedi Basiturrozak dalam memajukan PPPM ke depan.

Pencabutan dukungan dari Sukron ke Zaedi Basiturrozak sendiri dilaksanakan beberapa saat setelah pembukaan muktamar oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

"Setelah mempertimbangkan banyak hal, khususnya mengenai visi Zaedi Basiturrozak ke depan, kami mayoritas Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah se-Jawa Tengah memutuskan untuk mendukung Zaedi Basitturrozak Muktamar ke-18. Bismillah, insyaallah Menang," tegas Dr Hasan Bayuning dari PDPM Kebumen di Balikpapan, Rabu, 22 Februari 2023.

Ketua Tim Pemenangan PWPM Jateng M Saefudin menambahkan dukungan kader-kader Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah ke Zaidi Basitturrozak bulat secara keseluruhan. Yakni 35 Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM).

"35 PDPM se-Jawa Tengah solid mendukung Zaedi Basitturrozak karena Zaedi merupakan kader dari Jawa Tengah yang sudah memiliki track record yang baik dan penting di Jateng," ucap Saefudin.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Zaedi Basiturrozak, Bayu Herdayana didampingi perwakilan formatur Ilham Pratama mengatakan bergabungnya mayoritas PDPM se-Jawa Tengah menambah spirit kader-kader Pemuda Muhammadiyah se-Indonesia yang sebelumnya telah mendukung Zaedi Basitturrozak.

"Visi bersama kami adalah 'Mewujudkan Talenta Pemuda Negarawan". Bersama Zaidi Basiturrozak dan dukungan pimpinan wilayah, insyaallah visi besar itu bisa diwujudkan bersama-sama pada periode selanjutnya," ucap Bayu.

Ilham Pratama mengungkapkan bahwa perhelatan Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah di Kaltim kali ini merupakan sarana bagi kader Pemuda Muhammadiyah untuk bersama-sama memantapkan langkah bagi jalannya roda organisasi ke depan yang lebih baik.

Utamanya dalam menghimpun, membina, dan menggerakkan potensi pemuda Islam demi terwujudnya kader Persyarikatan, kader umat dan kader bangsa dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah.

Ditekankan pula bahwa Pemuda Muhammadiyah ke depan harus mampu menjawab kebutuhan organisasi dan individu agar dapat berjalan linier dan berkelindan. Zaidi Basitturrozak dalam hal ini berikhtiar untuk memunculkan talenta-talenta kader sesuai dengan preferensi atau minat dan keinginannya.

 sinpo

Komentar: