Terima Parlemen Uni Eropa, BKSAP DPR Bahas Soal Sawit hingga Deforestasi

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 22 Februari 2023 | 01:34 WIB
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon

SinPo.id -  Berbagai macam masalah global mulai dari energi terbarukan hingga perdagangan sawit dibahas dalam pertemuan antara Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon dengan perwakilan Parlemen Uni Eropa di Gedung DPR RI, Senayan, pada Selasa 21 Februari 2023

"Dalam bidang ekonomi, dalam pertemuan ini membahas mengenai persoalan pembatasan ekspor kelapa sawit karena aspek deforestasi  dan kesehatan," kata Fadli, Selasa 21 Februari 2023.

Pasalnya, kampanye hitam terkait deforestasi tersebut tidak dapat dipungkiri lantaran terjadi banyaknya kebakaran hutan di Indonesia pada masa lalu. Terlebih adanya isu terkait bahaya kelapa sawit yang ditemukan di sejumlah produk, seperti keju, coklat, dan sebagainya.

“Beberapa tahun belakangan ini ekspor kelapa sawit kita itu dihambat, karena ada keputusan-keputusan yang bisa dianggap juga sebagai trade barrier ya gitu, tuduhan-tuduhan deforestasi dan seterusnya," ungkapnya.

"Kami juga menyampaikan kepada mereka bahwa mungkin itu ada kasus per kasus tetapi secara umum sekarang ini sudah jauh lebih baik itu dan harusnya tidak ada lagi hambatan terhadap produk-produk ekspor kita, baik kelapa sawit maupun komoditas lainnya,” kata Fadli menambahkan.

Selain itu, kebakaran hutan di Indonesia juga sudah menurun. Sehingga ia menolak alasan hambatan Indonesia dalam melakukan ekspor kelapa sawit, adalah lingkungan hidup.sinpo

Komentar: